Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences Pada Kelas 3 di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember Tahun 2023/2024

rofiqi, ahmad and muhith, abd and sutomo, moh (2024) Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences Pada Kelas 3 di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates-Jember Tahun 2023/2024. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Rofiqi_203206040001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Ahmad Rofiqi, 2024. Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple intelligences Pada Kelas 3 Di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember Tahun 2023/2004. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Moh. Sutomo, M.Pd.

Kata Kunci:Implementasi, Pembelajaran tematik, Multiple intelligences.

Implementasi pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences adalah pembelajaran yang menyatukan atau mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema, dengan memperhatikan dan mengakomodir 9 kecerdasan yang cetuskan oleh Dr. Howard Gardner. Dalam pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences siswa berkedudukan sebagai subjek dan pelaku utama dalam proses pembelajaran, sehingga kedudukan pendidik cenderung lebih dekat disebut sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences pada kelas III di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences pada kelas III di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik berbasismultiple intelligences pada kelas III di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendetesiskan 1) Proses perencanaan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences pada kelas III di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember, 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences pada kelas III di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember, dan 3) Evaluasi pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences pada kelas III di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates – Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan menganalisis data dengan tiga langkah yakni, kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (drawing and verifying conclusion).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses perencanaan pembelajaran berupa mengetahui kecerdasan atau bakat peserta didik serta menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dimana RPP yang dibuat berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni menggunakan K13 yang dipadukan dengan strategi mengajar multiple intelligences. 2) proses pelaksanaan diawali dengan kegiatan menyampaikan tujuan pembelajaran, alpha zone, kemudian scene setting/warmer, aktivitas pembelajaran yang mencakup 80% bermuara pada pembelajaran tematik berbasis multiple. Setiap pembelajaran memperhatikan kecerdasan majemuk dari 9 macam kecerdsasan peserta didik yang berusaha untuk diakomodir untuk dikembangkan. Selain itu ada beberapa kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah untuk memberikan ruang terhadap peserta didik yang memiliki kecerdasan diluar akademis. 3) evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik, dimana guru tidak hanya memberikan tugas dan latihan soal maupun ujian yang pasti dilakukan oleh sekolah seperti PTS, PAS dan ulangan per-KD dari setiap sub tema namun juga melakukan kegiatan penilaian yang berskesinambungan yakni kaitannya dengan penilaian sikap dan keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd ahmad rofiqi
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:48
Last Modified: 08 Jul 2024 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35995

Actions (login required)

View Item View Item