Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Pada Koperasi Baitul Maal Wa Tamwil Bina Tanjung Di Jember

Laily, Rosa nur (2024) Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Pada Koperasi Baitul Maal Wa Tamwil Bina Tanjung Di Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-098-PS-2024)
watermark ROSA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Rosa Nur Laily, Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si., CHRA. 2024: “Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Pada Koperasi Baitul Maal Wa Tamwil Bina Tanjung Di Jember”
Dalam perkembangan era modern ini, segala kegiatan manusia tidak luput dari kegiatan ekonomi dalam upaya pemenuhan kebutuhannya. Untuk mampu bersaing, setiap lembaga keuangan harus mempunyai strategi tersendiri dalam menarik perhatian nasabah. Hal ini dinamakan strategi pemasaran. Namun sebelum dilakukannya pemasaran ada tahap segmentasi pasar guna menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam mencapai tujuan. Tidak terkecuali dengan lembaga keuangan Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Setiap BMT yang berdiri memiliki tujuan dan strategi masing-masing dalam bertahan dan bersaing memasarkan produknya. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. BMT Bina Tanjung Jember dengan mengusung segmentasi pasar tersendiri sebelum dilakukannya pemasaran produk dalam menarik perhatian nasabah supaya mau menggunakan produknya. Hingga awalnya modal bisa berkembang hingga sekarang.
Batasan atau fokus masalah yang diteliti yakni: 1.Bagaimana Segmentasi Pasar yang Diterapkan Oleh BMT Bina Tanjung? 2.Bagaimana Strategi BMT Bina Tanjung Dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Dengan Menggunakan Segmentasi Pasar?
Sedangkan Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Guna Mengetahui Segmentasi Pasar yang Diterapkan Oleh BMT Bina Tanjung 2. Guna Mengetahui Strategi BMT Bina Tanjung Dalam Meningkatan Jumlah Nasabah Dengan Menggunakan Segmentasi Pasar.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini yakni memakai pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Sedangkan cata menentukan subjek penelitian yaitu memakai teknik purposive. Di samping itu Teknik dalam mengumpulkan datanya memakai tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta untuk menganalisis data dalam skripsi ini memakai tiga langkah yakni, proses kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data memakai triangulasi sumber.
Jadi, kesimpulan yang bisa dirangkum dari peneliltian ini menyatakan bahwa: 1. Segmentasi pasar yang diterapkan di BMT Bina Tanjung yaitu segmentasi pasar berdasarkan wilayah atau segmentasi geografis, yakni wilayah pasar Tanjung dan Kepatihan. Di samping itu BMT Bina Tanjung juga menggunakan segmentasi berdasarkan pekerjaan atau segmentasi demografis, yakni pemasaran hanya untuk profesi pedagang di 2 wilayah tersebut. 2. Strategi BMT Bina Tanjung dalam meningkatkan jumlah nasabah yakni dengan strategi jemput bola. Strategi ini merupakan strategi untuk menawarkan produk kepada nasabah yang ada di pasar Tanjung dan Kepatihan dengan profesi sebagai pedagang tanpa harus datang ke kantor BMT Bina Tanjung.
Keyword: Segmentasi Pasar, Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Rosa Laily
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:10
Last Modified: 08 Jul 2024 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36000

Actions (login required)

View Item View Item