Efektivitas Pembukaan Rekening Secara Online Melalui Layanan Digital Saving Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kantor Cabang Jember

Kamila Nur Azmi, Shofa (2024) Efektivitas Pembukaan Rekening Secara Online Melalui Layanan Digital Saving Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-100-PS-2024)
Shofa Kamila Nur Azmi_ E20191091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Shofa Kamila Nur Azmi, Muhammad Saiful Anam, S, Ag, M. Ag, 2023: Efektivitas Pembukaan Rekening Secara Online Melalui Layanan Digital Saving Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Jember
Kata Kunci: Efektivitas, Digital Saving, BRI KC Jember
Bank pun dengan teknologi informasi yang sudah ada turut mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam perbankan, terutama pada layanan digital perbankan yang biasa disebut digital saving. BRI akan terus memberikan kemudahan administrasi keuangan kepada masyarakat luas, khususnya nasabah BRI. Pengembangan digital saving BRI merupakan solusi pelayanan menabung yang lebih cepat, mudah, dan aman.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme pembukaan rekening melalui layanan digital saving di Bank BRI Cabang Jember 2) Apa hambatan yang dialami Bank dan nasabah BRI Cabang Jember dalam meningkatkan efektivitas layanan digital saving 3) Apa kelebihan yang didapatkan nasabah jika membuka rekening melalui layanan digital saving milik Bank BRI 4) Bagaimana efektivitas pembukaan rekening secara online melalui layanan digital saving milik Bank BRI.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan mekanisme pembukaan rekening melalui layanan digital saving di Bank BRI Cabang Jember 2) untuk mengetahui hambatan yang dialami Bank dan nasabah BRI Cabang Jember dalam meningkatkan efektivitas layanan digital saving 3) untuk mengetahui kelebihan yang didapatkan nasabah jika membuka rekening melalui layanan digital saving milik Bank BRI 4) untuk mengetahui efektivitas pembukaan rekening secara online melalui layanan digital saving milik Bank BRI.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, mengaalisis efektivitas pembukaan rekening secara online melalui layanan digital saving di BRI KC Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Mekanisme pembukaan rekening melalui layanan digital saving di Bank BRI Cabang Jember dapat diakses melalui web bukarekening.bri.co.id 2) Hambatan yang dialami BRI KC Jember yaitu dari faktor internal dan eksternal. 3) Kelebihan digital saving yaitu jadi lebih simpel tanpa buku tabungan dan gak perlu kartu tapi sudah bisa transaksi serta lebih cepat, mengurangi antrian CS, terjamin keamanannya, langsung terkoneksi degan BRImo dan memudahkan nasabah dalam bertransaksi serta tercapainya efisiensi waktu. 4) Bahwa digital saving sudah efektif diterapkan di BRI KC Jember karena tingkat efektivitas mengacu pada kemudahan, proses secara efektif telah mencapai tujuan ditetapkan, pemahaman nasabah, efisiensi waktu dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Shofa Kamila
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:01
Last Modified: 08 Jul 2024 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36020

Actions (login required)

View Item View Item