Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX F Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024.

Rosayyida, Harisa (2024) Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX F Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-049-TADRIS-IPS-2024)
HARISA ROSAYYIDA (205101090015).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMPN 1 Rambipuji pada kelas IX F, ditemukan indikator ketidakaktifan pada siswa saat mengikuti pembelajaran antara lain: Bergurau dengan teman sebangku, mengantuk saat pembelajaran, tidak adanya feedback dari siswa terkait materi yang belum dipahami, nilai harian yang diperoleh siswa belum mencapai KKM, antusias siswa dalam tanya jawab saat pembelajaran masih rendah. Terkait permasalahan yang ditemukan, dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apakah metode pembelajaran Talking Stick efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IX F pada mata pelajaran IPS SMPN 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IX F di SMPN 1 Rambipuji mata Pelajaran IPS.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang dilakukan secara berulang dengan langkah yang sama, serta difokuskan dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa yang diikuti peningkatan hasil belajar pada siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes soal (pretest dan posttest). Kemudian analisis data menggunakan uji dependabilitas.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keaktifan belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar yang dihitung menggunakan rumus N-Gain. Diperoleh hasil pada siklus I skor N-Gain (0,25) dengan kategori rendah, untuk hasil skor N-Gain siklus II diperoleh hasil (0,31) dengan kategori sedang, dan skor N-Gain pada siklus III diperoleh (0,71) dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX F di SMPN 1 Rampipuji.

Kata Kunci: Talking Stick, Keaktifan Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Harisa Rosayyida
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:31
Last Modified: 15 Jul 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36021

Actions (login required)

View Item View Item