Analisis Naratif Tentang Citra Islam Dalam Channel Youtube Towards Eternity-Indonesian

Aida, Sabita Rizqi (2024) Analisis Naratif Tentang Citra Islam Dalam Channel Youtube Towards Eternity-Indonesian. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SABITA RIZQI AIDA-204103010058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Towards Eternity – Indonesian merupakan channel dakwah Islam yang memiliki tujuan untuk menyebarkan serta menunjukan kebenaran Islam melalui media YouTube. Adanya kata “Indonesian” pada nama channel YouTube digunakan sebagai penegasan bahwa channel ini dikhususkan bagi penonton yang berasal dari Indonesia.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana citra Islam dinarasikan pada video konten “Penyebaran Islam tak Terhentikan! Inilah Mengapa Jutaan Orang Menjadi Mualaf!” di Channel YouTube Towards Eternity – Indonesian? 2). Apa saja dampak dari citra Islam yang dinarisakan dalam konten YouTube Towards Eternity – Indonesian dalam judul “Penyebaran Islam tak Terhentikan! Inilah Mengapa Jutaan Orang Menjadi Mualaf!”.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui bagaimana citra Islam yang dinarasikan pada video konten “Penyebaran Islam tak Terhentikan! Inilah Mengapa Jutaan Orang Menjadi Mualaf!” di Channel YouTube Towards Eternity – Indonesian. 2). Mengetahui apa dampak dari citra Islam yang dinarasikan dalam konten YouTube Towards Eternity – Indonesian yang berjudul “Penyebaran Islam tak Terhentikan! Inilah Mengapa Jutaan Orang Menjadi Mualaf”.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori analisis naratif Tvzetan Todorov, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi sumber sebagai upaya keabsahan datanya.
Penelitian ini menemukan bahwa citra Islam dalam video YouTube Towards Eternity-Indonesian berjudul "Penyebaran Islam tak Terhentikan! Inilah Mengapa Jutaan Orang Menjadi Mualaf" yang dinarasikan menggunakan struktur naratif Tzvetan Todorov, terdiri dari alur awal yang menunjukkan pertambahan umat Islam, alur tengah yang menjelaskan alasan banyak orang menjadi mualaf, dan alur akhir yang mengajak penonton menyebarkan ajaran Islam.

Kata kunci : Analisis Naratif, Citra Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Sabita Rizqi Aida
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:11
Last Modified: 08 Jul 2024 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36029

Actions (login required)

View Item View Item