Indi Safitri, Lutfi (2024) Perilaku Imitasi Life Style Penggemar Korean Pop (K-Pop) Di Komunitas Army Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-010-BKI-2024)
LUTFI INDI SAFITRI_D20193007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Perilaku Imitasi, Life Style, Korean Pop (K-Pop).
Perilaku imitasi adalah perilaku seseorang untuk meniru perilaku orang lain
baik itu dari segi penampilan, sikap, gaya hidup dan apapun yang dimilikinya.
Imitasi pertama kali muncul pada lingkungan keluarganya kemudian dari
lingkungan tetangga serta lingkungan masyarakatnya. Perilaku imitasi pada
penelitian ini gaya hidup (Life Style) menunjukan keseluruhan diri seseorang
dalam berinteraksi dengan lingkungannya seperti penggemar K-Pop bergabung
dengan club penggemar K-Pop untuk mendukung idolanya dan kreativitas
mereka, mengatur atau berpartisipasi dalam acara tertentu serta membeli barang-
barang yang berhubungan dengan idolanya.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini yakni 1). Bagaimana
komunitas Army Lumajang mengekspresikan perilaku imitasi life style sebagai
penggemar k-Pop? 2). Bagaimana faktor pembentuk perilaku imitasi life style
komunitas Army Lumajang sebagai penggemar K-Pop? Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan ekspresi perilaku imitasi life style
penggemar K-Pop di komunitas Army Lumajang. 2). Untuk mengetahui faktor
pembentuk perilaku imitasi life style penggemar K-Pop di komunitas Army
Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles &
Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data
danpenarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil dalam penelitian ini menjelaskan Perilaku imitasi life style oleh
komunitas ARMY Lumajang penggemar K-Pop ditunjukkan dengan adanya
sebuah kegiatan, pergaulan dan style seperti mendengarkan lagu Korea
dibandingkan lagu lainnya, lebih cenderung meniru gaya berpakaian idol Korea,
memakai aksesoris, meniru gaya rambut dan warna rambut idolanya dan makan-
makanan khas Korea. Selain itu, mempelajari gerakan tarian dari vidio musik K-
Pop. Menggunakan bahasa korea dalam percakapan sehari-hari dan juga membeli
album atau mengumpulkan barang-barang yang berhubungan dengan idola
mereka melalui komunitas penggemar k-Pop. Faktor Pembentuk Perilaku Imitasi
life Style Komunitas ARMY Lumajang yaitu faktor psikologis, faktor media
massa dan interaksi sosial dengan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170205 Neurocognitive Patterns and Neural Networks 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Skripsi Lutfi Indi Safitri |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36032 |
Actions (login required)
View Item |