Fathur rohman, Rifki (2024) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Man 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK-037-TASRIS-BIO-2024)
SKRIPSI RIFKI FATHUR ROHMANNN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Sistem koordinasi merupakan salah satu materi pada pelajaran biologi
yang mempelajari tentang sistem saraf, sistem hormon, dan sistem indra pada
manusia. Materi sistem koordinasi berbasis konsep dan prinsip yang langsung bisa
dirasakan oleh tubuh. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada
materi sistem koordinasi yaitu model pembelajaran discovery learning. Discovery
learning merupakan proses pembelajaran dengan penyampaian materi secara tidak
utuh sehingga menuntut peserta didik untuk menyelidiki dan menemukan
konsepnya sendiri. Dengan demikian kondisi belajar yang pasif dapat diubah
menjadi aktif dan kreatif.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan model
pembelajaran discovery learning pada materi sistem koordinasi terhadap hasil
belajar siswa kelas XI di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2)
Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran discovery learning pada
materi sistem koordinasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MAN 1 Jember
Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran
discovery learning pada materi sistem koordinasi terhadap hasil belajar siswa
kelas XI di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 4) Mendeskripsikan hasil
belajar model pembelajaran discovery learning pada materi sistem koordinasi
terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik
purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan model pembelajaran
discovery learning pada materi sistem koordinasi dilaksanakan oleh guru dengan
membuat perangkat pembelajaran, seperti program tahunan, program semester,
pekan efektif, silabus, dan RPP. Selain itu, guru menetapkan tujuan pembelajaran,
menyusun pekan efektif, memilih strategi yang tepat, dan menyusun materi; 2)
Pelaksanaan model pembelajaran discovery learning pada materi sistem
koordinasi dilaksanakan oleh guru berdasarkan langkah yang ada di RPP dan
sesuai dengan sintaks discovery learning; 3) Evaluasi model pembelajaran
discovery learning pada materi sistem koordinasi dilaksanakan oleh guru dengan
pemanfaatan LKPD dan Ulangan Harian; 4) Hasil belajar materi sistem koordinasi
yang diperoleh peserta didik rata-rata baik dan di atas KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060106 Cellular Interactions (incl. Adhesion, Matrix, Cell Wall) 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060199 Biochemistry and Cell Biology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr RIFKI FATHUR ROHMAN |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:06 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 06:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36035 |
Actions (login required)
View Item |