Konsep Jilbab Menurut Muhammad Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Saputri, Anggi Rahma (2024) Konsep Jilbab Menurut Muhammad Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI BANDEL ANGGI WATERMAK_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anggi Rahma Saputri, 2024: Konsep Jilbab Menurut Muhammad Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Kata Kunci: jilbab, Muhammad Quraish Shihab
Wanita muslimah yang menggunakan jilbab mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik dari model, jenis dan fashion nya yang berbeda-beda. Namun masih ada juga perempuan muslim yang tidak menggunakan jilbab. Hal itu bisa disebabkan juga oleh beberapa perbedaan pendapat ulama tafsir mengenai jilbab.
Namun menutup aurat adalah hal wajib yang harus di kerjakan oleh setiap wanita muslimah. Karena di dalam Al-Qur’an sendiri juga berisi tentang perintah berjilbab. Diantaranya adalah ayat 59 surat Al-Ahzab dan ayat 31 surat An-Nur. Namun para ulama juga memiliki perbedaan pendapat terkait tafsir ayat tersebut.
M.Quraish Shihab adalah seorang ulama tafsir yang memberikan pendapat terkait jilbab dalam buku yang beliu tulis berjudul “jilbab pakaian wanita muslimah”. Di dalam buku tersebut belaiu juga menguraikan pendapat ulama masalalu dan ulama kontemporer. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana konsep jilbab menurut M.Quraish shihab dan relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan konsep jilbab menurut pemikiran M.Qurais Shihab dan relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan karakter.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan destriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi buku karya M.Quraish Shihab dan juga karya ilmiah yang membahas tentang jilbab. Untuk analisis data penulis menggunakan analisis isi.
Hasil dari penelitian ini menunjjukan bahawa konsep jilbab menurut Quraish Shihab jilbab adalah baju kurung yang longgar dan disertai dengan penutup kepala yang digunakan oleh wanita pada zaman nabi Muhammad SAW. Jilbab digunakan sebagai pembeda antara wanita merdeka dan wanita budak. Di zaman sekarang beliau beranggapan bahwa jilbab itu baik, tetapi jangan dipaksakan kepada orang lain memakai jilbab. Relevansi pemikiran M.Quraish Shihab tentang jilbab, yaitu jilbab bersangkutan dengan nilai pendidikan karakter religious dan tanggung jawab pada setiap wanita muslimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggi Rahma Saputri
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:37
Last Modified: 08 Jul 2024 04:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36036

Actions (login required)

View Item View Item