Analisis Kesalahan siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Di SMP Negeri 3 Jember

Surani, Nur Eka (2024) Analisis Kesalahan siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Di SMP Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiain Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_NUR EKA SURANI_202101070008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menganalisis dan mengupas
macam-macam kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan prosedur
Newman dalam menyelesaikan soal kemampuan numerasi materi pola bilangan
yang ditinjau dari perbedaan jenis kelamin.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana kesalahan siswa laki-laki dalam
menyelesaikan soal numerasi materi pola bilangan dengan menggunakan prosedur
Newman? dan bagaimana kesalahan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal
numerasi materi pola bilangan dengan menggunakan prosedur Newman?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa laki-laki dan
perempuan dalam menyelesaikan soal numerasi materi pola bilangan dalam
menggunakan prosedur Newman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan
wawancara. subyek pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa
perempuan yang ditentukan berdasarkan kemampuan matematika siswa, keaktifan
siswa dan komunikasi siswa. Analisis pada penelitian ini adalah kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik.
Pada penelitian ini memperoleh kesimpulan: Siswa laki-laki dan siswa
perempuan mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan
proses dan penulisan jawaban akhir. Hal ini dikarenakan siswa tidak dapat
memahami masalah yang terdapat pada soal, sehingga siswa tidak dapat
melanjutkan ketahapan selanjutnya.

Kata Kunci : Kesalahan Numerasi, Prosedur Newman, Pola Bilangan, Jenis Kelamin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Nur Eka Surani
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:43
Last Modified: 08 Jul 2024 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36045

Actions (login required)

View Item View Item