Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Lailiyah, Nur Rohma (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Tadris Biologi.

[img] Text (SK-025-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI_NUR ROHMA LAILIYAH_T20198106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (28MB)

Abstract

Nur Rohma Lailiyah, 2024: Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi
Perubahan Lingkungan Kelas X Mipa Di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran
2022/2023
Kata Kunci : Debat Aktif, Pembelajaran Aktif, Keaktifan, Berpikir Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang menganggap pelajaran
biologi sulit dan banyak tentang istilah-istilah ilmiah, sehingga siswa perlu memahami secara mendalam. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan metode pembelajaran debat aktif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada perbedaan
signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi sebelum
dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan metode debat aktif pada
materi perubahan lingkungan kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023?. 2) Apakah ada perbedaan signifikan keaktifan belajar siswa
pada pembelajaran biologi sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran
menggunakan metode debat aktif pada materi perubahan lingkungan kelas X
MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini
adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan kemampuan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi sebelum dan sesudah dilakukan
pembelajaran menggunakan metode debat aktif pada materi perubahan lingkungan
kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran
biologi sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan metode debat
aktif pada materi perubahan lingkungan kelas X MIPA di SMA Nuris Jember
Tahun Pelajaran 2022/2023
Metode penelitian ini yakni kuantitatif , jenis Quasi Experiment dengan
desain Nonequivalent Post-test Only Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X
MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas X MIPA 2
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji
independent sample t-test. Hasil analisis uji t, nilai signifikansi kemampuan
berpikir kritis senilai 0,017 artinya Ho ditolak Ha diterima. Nilai signifikansi
keaktifan belajar siswa senilai 0,003 artinya Ho ditolak Ha diterima. Dapat diambil
kesimpulan : 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran debat aktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA pada materi perubahan lingkungan di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran debat aktif terhadap keaktifan belajar siswa kelas X MIPA pada materi
perubahan lingkungan di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Nur Rohma Lailiyah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:12
Last Modified: 09 Jul 2024 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36074

Actions (login required)

View Item View Item