Penerapan Pembelajaran STEAM Dengan Membuat Salad Buah di Raudhatul Athfal AL Hidayah Sumberbaru Tahun Pelajaran 2023/2024

Laila Wardah, Nihayatul (2024) Penerapan Pembelajaran STEAM Dengan Membuat Salad Buah di Raudhatul Athfal AL Hidayah Sumberbaru Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-029-PIAUD-2024)
SKRIPSI NIHAYATUL LAILA WARDAH WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nihayatul Laila Wardah, 2024: PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM
DENGAN MEMBUAT SALAD BUAH DI RA AL HIDAYAH SUMBERBARU
Kata Kunci: Pembelajaran STEAM, Salad Buah, RA Al Hidayah.
Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang tujuan Pendidikan
Nasional, Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada
pembelajaran abad 21 ini pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan
kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan terhadap
teknologi. Maka dari itu abad 21 ini dituntut untuk menjadi profesional dalam
dunia pendidikan, terlebih khusus untuk perkembangan anak dan aspek kunci dari
lingkungan kelas. Pada pembelajaran abad ke 21 ini adanya keterlibatan peserta
didik dalam proses pembelajaran. Menurut Novita Eka Nurjanah bahwasanya
pembelajaran berbasis STEAM dapat menstimulus pengetahuan dunia sekitar
anak, dengan cara mengamati, menyelidiki dan menanyakan. Secara tidak
langsung keterampilan berfikir ilmiah anak akan terdorong, walaupun setiap
tingkat keterampilan berpikir ilmiah mempunyai tingkatan yang berbeda-beda
sesuai dengan tahapan usia dan jenjang pendidikan yang ditempuh.
Fokus penelitian ini adalah; 1) Bagaimana proses pembelajaran STEAM
dengan membuat salad buah di RA Al Hidayah Sumberbaru?; 2) Bagiamana Hasil
Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Kegiatan Pembelajaran STEAM dengan
Membuat Salad Buah di RA Al Hidayah?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah;
1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran STEAM dengan membuat salad
buah di RA Al Hidayah Sumberbaru; 2) Untuk mendeskripsikan Hasil Belajar
Siswa Sebelum dan Sesudah Kegiatan Pembelajaran STEAM dengan Membuat
Salad Buah di RA Al Hidayah Sumberbaru.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan studi kasus. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive
sampling. dan subjek penelitian ini yaitu kepala RA Al Hidayah, Guru kelas
kelompok B RA Al Hidayah, dan siswa kelompok B RA Al Hidayah, sedangkan
teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan model Miles,
Huberman dan Saldana yang meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan
kesimpulan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1)Proses penerapan pembelajaran
STEAM dalam membuat salad buah adalah ada 5 tahapan yaitu tahapan
pengamatan (Observasi), tahapan ide baru (New Idea), tahapan inovasi
(Inovation), tahapan kreasi (Creativity), dan terakhir tahapan nilai (Society); 2)
Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan pembelajaran
STEAM yaitu sebelumnya peserta didik dari segi aspek perkembangan,
pemecahan masalah, kreativitas seni belum berkembang secara optimal. Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran perkembangan peserta didik berkembang
secara pesat dan mereka percaya diri terhadap hasil yang mereka dapatkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nihayatul Laila Wardah
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:50
Last Modified: 08 Jul 2024 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item View Item