Analisis Kemempuan Memecahkan Masalah Soal HOTS Materi Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Munawaroh, Sindi Friyadhatul (2024) Analisis Kemempuan Memecahkan Masalah Soal HOTS Materi Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK SKRIPSI SINDI FM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Sindi Friyadhatul Munawaroh, 2024: Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Soal HOTS Materi Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII Ditinjau dari gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
Kata Kunci: Memecahkan Masalah, Soal HOTS, Aljabar, Gaya kognitif Reflektif dan Impulsif
Kemampuan pemecahan masalah pada siswa dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif yang dimiliki siswa dalam belajar. Setiap siswa bisa memiliki gaya kognitif yang berbeda-beda, karena gaya kognitif berkaitan dengan cara berpikir seseorang, pemecahan masalah, dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan pemecahan masalah soal high order thinking skills (HOTS) materi aljabar oleh siswa dengan gaya kognitif reflektif 2) Kemampuan pemecahan masalah soal high order thinking skills (HOTS) materi aljabar.oleh siswa dengan gaya kognitif impulsif.
Penelitian ini menggunakan jennis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jember pada kelas VII J dengan jumlah responden sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan sebanyak 4 subjek siswa yankni 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsive. Penentuan subjek dilakukan dengan melakukan tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), untuk pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal HOTS mampu memenuhi beberapa indikator pemecahan masalah, namun sedikit mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal HOTS kurang mampu memenuhi indikator berpikir matematis dan mengalami banyak kesulitan dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif memiliki kemampuan pemecahan masalah cukup baik, sedangkan siswa dengan gaya kognitf impulsif memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010501 Algebraic Structures in Mathematical Physics
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Sindi Friyadhatul Munawaroh
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:55
Last Modified: 08 Jul 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item