Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penanaman Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

AMALIAH, DEVI JUMROTUL (2024) Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penanaman Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-143-PAI-2024)
SKRIPSI DEVI JUMROTUL A_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Devi Jumrotul Amaliah, 2024: Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penanaman Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci: Model Rotating Trio Exchange (RTE), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Berpikir Kritis
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember, awal mulanya dilaksanakan menggunakan model ceramah. Namun, untuk menjadikan peserta didik aktif serta mampu berpikir kritis, guru PAI menerapkan model Rotating Trio Exchange (RTE), yaitu model pembelajaran yang menekankan siswa untuk berpartisipasi aktif, sehingga mereka dapat memahami, menganalisis, menerapkan, menyimpulkan dan mengevaluasi. Maka dari itu, diharapkan peserta didik mampu berpikir kritis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan model Rotating Trio Exchange (RTE) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman kemampuan berpikir kritis siswa?. 2) Bagaimana pelaksanaan model Rotating Trio Exchange (RTE) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman kemampuan berpikir kritis siswa?. 3) Bagaimana evaluasi model Rotating Trio Exchange (RTE) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman kemampuan berpikir kritis siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model Rotating Trio Exchange (RTE) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMK IBU Pakusari serta subyek penelitian terdiri atas Guru PAI dan siswa kelas X AK 3. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perencanaan, meliputi perumusan tujuan pembelajaran yang berfokus pada indikator kemampuan berpikir kritis (meliputi memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut, serta mengatur strategi dan taktik), penetapan materi pembelajaran, penyusunan pertanyaan diskusi, pemilihan sarana dan prasarana, penetapan evaluasi pembelajaran, dan penyusunan Modul Ajar. 2) Pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup sesuai dengan langkah model Rotating Trio Exchange (RTE) dan langkah berpikir kritis, meliputi mengenali masalah, menilai informasi yang relevan, dan pemecahan masalah/penarikan kesimpulan. 3) Evaluasi meliputi penilaian pengetahuan berupa tes dengan soal pilihan ganda dan uraian dengan tingkatan soal berupa soal HOTS, serta penilaian sikap melalui observasi/pengamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. DEVI JUMROTUL AMALIAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:46
Last Modified: 15 Jul 2024 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36111

Actions (login required)

View Item View Item