Analisis Kecerdasan Visual Spasial dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Tingkat Berpikir Van Hiele di SMP Negeri 1 Wringin

Nuriah, Dita (2024) Analisis Kecerdasan Visual Spasial dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Tingkat Berpikir Van Hiele di SMP Negeri 1 Wringin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-040-TADRIS-MTK-2024)
Watermark Dita Nuriah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Dita Nuriah,2024 : Analisis Kecerdasan Visual Spasial Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Tingkat Berpikir Van Hiele di SMPN 1 Wringin.
Kata kunci : Kecerdasan visual spasial, Segitiga dan Segiempat, Tingkat berpikir Van Hiele
Kecerdasan visual spasial merupakan keterampilan yang perlu dikuasai siswa khususnya dalam materi geometri kecerdasan visual-spasial berkaitan dengan aktivitas siswa dalam memahami, visualisasi dan memetakan gambar. Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki tiga sisi dan 3 titik sudut. Segiempat merupakan bangun datar yang memiliki empat sisi dan empat titik sudut, dalam Tingkat berpikir van hiele dapat membantu siswa dalam memahami geometri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa.
Fokus penelitian untuk mengetahui bagaimana kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan soal pada materi segitiga dan segiempat ditinjauidari tingkat berpikir Van Hiele di SMP Negeri 1 Wringin. oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan soal pada materi segitiga dan segiempat ditinjau dariitingkat berpikiriVaniHiele di SMP Negeri 1 Wringin.
Adapun Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Tes, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode miles & Huberman J. Saldana, dan diuji kreadibiltasnya menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulan bahwa hasil dari Van Hiele Geometri Tes (VHGT) pada siswa kelas VIID di SMP Negeri 1 Wringin berada pada 3 tingkat yaitu tingkat 0, tingkat 1, tingkat 2, masing-masing terdiri dari 15 siswa dengan tingkat 0, 4 siswa dengan tingkat 1, dan 1 siswa dengan tingkat 2. Kecerdasan siswa pada tingkat 0 (visualisasi) ini bervariasi. Siswa pertama hanya dapat memenuhi satu indikator, yaitu pengimajinasian. Siswa kedua dapat memenuhi dua indikator, yaitu pengimajinasian dan pengonsepan. Siswa dengan tingkat 1 (Analisis) kedua siswa memenuhi tiga indikator yang sama, yaitu pengimajinasian, pengonsepan, dan pemecahan masalah. Kecerdasan siswa dengan tingkat 2 (Deduksi Informal) Siswa memenuhi semua indikator kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010599 Mathematical Physics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Dita Nuriah
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:35
Last Modified: 09 Jul 2024 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36115

Actions (login required)

View Item View Item