Pengembangan E-Booklet Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Puncak Badean Untuk Siswa Kelas X Di Sma Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

ZAHRO, SITI QOIMATUS (2024) Pengembangan E-Booklet Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Puncak Badean Untuk Siswa Kelas X Di Sma Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-TADRIS-BIO-2024)
SITI QOIMATUS ZAHRO_T20188070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Qoimatus Zahro, 2024: Pengembangan E-Booklet Keanekaragaman Hayati
pada Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Puncak Badean untuk Siswa Kelas X di
SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: E-Booklet, Keanekaragaman Hayati, Lumut.
Pendidikan di Indonesia ini dalam proses pembelajarannya tentu perlu
adanya media pendukung bagi siswa agar dengan adanya media dapat menambah
minat siswa dalam melakukan pembelajaran disekolah maupun di rumah. Salah
satu media ialah E-Booklet dimana media tersebut menyajikan berbagai
pemahaman materi bergambar serta ringkas dan jelas, media tersebut dapat
digunakan dimana saja dan kapan saja sehingga dalam proses pembelajaran lebih
menarik dan menyenangkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan kevalidan dan
pengembangan e-booklet pada materi Keanekaragaman Hayati pada tumbuhan
lumut (Bryophyta) untuk siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran
2023/2024. 2) Mendiskripsikan kepraktisan pengembangan e-booklet pada materi
Keanekaragaman Hayati pada tumbuhan lumut (Bryophyta) untuk siswa kelas X
di SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mendiskripsikan
keefektifan pengembangan e-booklet pada materi Keanekaragaman Hayati pada
tumbuhan lumut (Bryophyta) untuk siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember
Tahun Pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Design,
Developen, Implementation, dan Evaluation. Dalam penelitian ini menggunakan 1
validator ahli materi, 1 validator ahli media, 1 validator ahli bahasa dan 1 Guru
Biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 4 Jember.
Sampel pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes , wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Hasil validasi dari ahli media
mendapatkan persentase sebesar 89,5%. Pada ahli materi mendapatkan hasil
sebesar 96,4% dengan kategori sangat valid. Pada ahli bahasa mendapatkan hasil
sebesar 86,6% dengan kategori sangat valid dan pada guru Biologi mendapatkan
hasil sebesar 90% dengan kategori sangat valid. 2) Rata-rata angket respon siswa
pada skala kecil memperoleh presentase sebesar 83,6% dengan kategori praktis
dan pada skala besar memperoleh presentase sebesar 85,29% dengan kategori
sangat praktis. 3) Hasil uji efektifitas produk berdasarkan Uji hasil T-Test
diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media EBooklet. Sedangkan Uji hasil N-Gain diperoleh nilai signifikansi 0,61 dengan
kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran e-booklet
pada keanekaragaman hayati pada tumbuhan lumut (bryophyta) dapat dikatakan
efektif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Siti Qoimatus Zahro
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:00
Last Modified: 08 Jul 2024 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36117

Actions (login required)

View Item View Item