Manajemen kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di pondok pesantren darun najah lumajang

mamluatul, maghfiroh (2024) Manajemen kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di pondok pesantren darun najah lumajang. Masters thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS SELESAI final(3).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mamluatul Maghfiroh, 2024. Manajemen Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship di pondok pesantren Darun Najah Lumajang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Khotibul Umam, MA Pembimbing II: Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I., M.Si.

Kata Kunci: Manajemen Kewirausahaan, Jiwa Entrepreneurship
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan, berkewajiban bukan hanya mencetak generasi ahli ilmu agama tetapi juga harus membekali para santri tentang soft skill dan life skill dalam kehidupan bermasyarakat dan menumbuhkan pemahaman tentang kewirausahaan. Manajemen kewirausahaan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumberdaya untuk meciptakan serta mengelolah usaha. Sedangkan jiwa entrepreneurship kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui proses berpikir kreatif dan tindakan inofatif.
Fokus penelitian ini terdiri dari 1). Bagaimana desain perencanaan kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang. 2) Bagaimana implementasi kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang.
Penelitian ini bertujuan untuk, 1). Mendeskripsikan dan menganalisis perencanan kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasis, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah: a) Desain kewirausahaan di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang meliputi : perencanaan berupa rapat koordinasi, pengorganisasian berupa spesialisasi progam, pengarahan berupa intruksi dan bimbingan, pengendalian berupa evaluasi dan tindakan korektif, b) Implementasi program kewirausahaan di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang adalah inovasi berupa program kewirausahaan, dampak sosial menciptakan lapangan pekerjaan dan menumbuhkan kemandirian ekonomi. Sedangkan Evaluasi program kewirausahaan di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang yakni evaluasi konteks (context). evaluasi masukkan (input). evaluasi proses (procces) dan Evaluasi hasil (product).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mamluatul maghfiroh
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:50
Last Modified: 09 Jul 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item