ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (KPI) ANGKATAN 2020 UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Nahdiya Ilhami, Berliantin (2024) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (KPI) ANGKATAN 2020 UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Berliantin Nahdiya Ilhami_204103010055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan zaman, terutama dalam teknologi, telah mengubah cara masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk generasi Z yang sangat bergantung dengan perkembangan teknologi komunikasi. Mereka memanfaatkan media sosial, seperti TikTok, tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk berbelanja dan mencari informasi. Hal ini tercermin dari tingginya jumlah pengguna TikTok di Indonesia, yang mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. TikTok menjadi platform yang populer di kalangan mahasiswa, dimana konten kreator tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan ulasan produk, mempengaruhi perilaku belanja mahasiswa. Penggunaan media sosial ini juga memperlihatkan tren perilaku konsumtif, terutama di kalangan remaja dan mahasiswa, yang cenderung membeli barang tanpa pertimbangan yang matang, lebih didorong oleh keinginan daripada kebutuhan. Fenomena ini memunculkan beberapa dampak negatif, seperti peningkatan pengeluaran, penyesalan terkait masalah keuangan, dan kecenderungan belanja impulsif. Penelitian terkait dengan penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku konsumtif menjadi sorotan, khususnya di kalangan mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2020 UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa KPI angkatan 2020?. (2) Bagaimana bentuk perilaku konsumtif yang dilakukan mahasiswa KPI angkatan 2020?.
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa KPI angkatan 2020. (2) Untuk mengetahui bentuk perilaku konsumtif yang dilakukan mahasiswa KPI angkatan 2020.
Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan data dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, yakni untuk mengetahui ketidaksamaan antara data yang diperoleh dari satu informan dengan informan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Berliantin Nahdiya Ilhami
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:08
Last Modified: 09 Jul 2024 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36121

Actions (login required)

View Item View Item