Khasanah, Fitria Ulfatul (2024) Efektivitas Media Puzzle Of Paragraph Story Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Min 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-031-PGMI-2024)
FITRIA ULFATUL KHASANAH 205101040016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yamg sangat dipengaruhi oleh kurangnya media pembelajaran yang diterapkan dikelas. Salah satu media pembelajaran yang dapat melengkapi kekurangan media pembelajaran sebelumnya adalah media pembelajaran Puzzle of Paragraph Story.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mendekripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media puzzle of pargraph story kelas IV MIN 3 Jember. 2) Mendekripsikan hasil hasil belajar siswa sesudah menggunakan media puzzle of pargraph story kelas IV MIN 3 Jember. 3) Mengetahui efektivitas media puzzle of paragraph story terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV MIN 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimental design bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data menggunaka tes berupa pretest posttest dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent sample t-test.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1) Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum diajar menggunakan media Puzzle of paragraph story memiliki rata-rata 62,29 dan kelas eksperimen memiliki rata-rata 53,29 dari data tersebut diketahui bahwa nilai pre-test eksperimen lebih rendah daripada pre-test kontrol. 2) Hasil dari penelitian ini setelah diterapkannya media puzzle of paragraph story pada kelas eksperimen, diketahui bahwa rata-rata ujian post-test setalah eksperimen sesudah menggunakan media puzzle of paragraph story memiliki rata-rata 87,57. 3) Berdasarkan uji independent sampel t-test pada posttest kedua kelas diperoleh Sig.2 (tailed) = 0.000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang antara nilai rata-rata hasil belajar media puzzle of paragraph story.
Kata Kunci : Media Puzzle of Pararaph Story, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Fitria Ulfatul Khasanah |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36124 |
Actions (login required)
View Item |