Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga pada Masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

Qurrotul A'yun, Anis (2024) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga pada Masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_ANIS_WATER MARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter anak-anak di desa. Nilai-nilai agama Islam yang diajarkan kepada anak-anak memberikan landasan moral dan etika yang kuat dalam kehidupan mereka. Melalui pendidikan agama Islam, anak-anak di desa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang identitas dan budaya Islam mereka.
Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana internalisasi nilai akidah dalam keluarga pada masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? 2) Bagaimana internalisasi nilai akhlak dalam keluarga pada masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? 3) Bagaimana internalisasi nilai ibadah dalam keluarga pada masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan internalisasi nilai akidah dalam keluarga pada masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan internalisasi nilai akhlak dalam keluarga pada masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 3) Mendeskripsikan internalisasi nilai ibadah dalam keluarga pada masyarakat Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Internalisasi nilai akidah oleh keluarga melalui tiga tahap yaitu Tahap pertama melibatkan pemberian pemahaman kepada anak mengenai nilai-nilai akidah, seperti iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Tahap kedua melibatkan pemberian contoh kepada anak untuk memahami nilai-nilai tersebut lebih baik. Terakhir, anak mampu menerapkan nilai-nilai akidah dalam kehidupan sehari-hari, seperti berdoa setelah shalat. 2) Internalisasi nilai akhlak oleh keluarga melalui tiga tahapan yaitu tahap transformasi, keluarga mengajarkan anak tentang akhlak baik seperti sopan santun dan kejujuran. Selanjutnya, tahap transaksi nilai, orang tua memberikan contoh langsung kepada anak tentang pentingnya sopan santun, misalnya berpamitan sebelum berangkat mengaji. Terakhir, tahap transinternalisasi nilai, anak mampu menerapkan nilai-nilai akhlak tersebut secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari, seperti berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat mengaji secara terus-menerus. 3) Internalisasi nilai ibadah oleh keluarga di desa Glundengan melalui tiga tahapan yang jelas. Pertama, keluarga memberi pemahaman kepada anak tentang pentingnya melaksanakan sholat dan puasa pada bulan Ramadan. Tahap berikutnya adalah memberikan contoh langsung kepada anak oleh orang tua, karena anak cenderung meniru perbuatan orang tua mereka. Terakhir, anak dapat melakukan ibadah sendiri tanpa paksaan dari orang tua dan mampu menerapkan nilai-nilai ibadah tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.S Anis Qurrotul A'yun
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:00
Last Modified: 08 Jul 2024 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36129

Actions (login required)

View Item View Item