Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik Melalui Kajian Kitab Tanbihul Muta'allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember

Maulidia, Ikvina Fitri (2024) Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik Melalui Kajian Kitab Tanbihul Muta'allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-125-PAI-2024)
Ikvina Fitri Maulidia _ T20171097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ikvina Fitri Maulidia, 2024. Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik melalui kajian Kitab Tanbihul Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember.

Kata kunci: Upaya, Menanamkan Etika, Kitab Tanbihul Mutaallim

Etika dalam perspektif islam merujuk pada tingkah laku yang baik dan betul berdasarkan nilai-nilai islam, yakni merujuk pada al-qur’an dan sunnah Dua sumber ini merupakan sentral segala sumber yang membimbing segala perilaku dalam menjalankan ibadah, perbuatan atau aktivitas umat islam yang benar benar menjalankan ajaran islam. Semakin hari kita bisa melihat turunnya etika atau adab yang ada pada anak-anak usia sekolah. Pondok pesantren raudlatut tholabah ini mempunyai pengasuh yang ingin menanamkan etika terhadap anak-anak usia sekolah yang bisa mengais pelajaran di pondok melalui ajaran-ajaran kitab kuningnya, yang salah satunya adalah kitab Tanbihul Mutaallim ini.
Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik Terhadap Guru Melalui Kajian Kitab Tanbihul Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember? (2) Bagaimana Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik Terhadap Ilmu Melalui Kajian Kitab Tanbihul Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember?
Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik Terhadap Guru Melalui Kajian Kitab Tanbihul Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember. (2) Mendeskripsikan Upaya Pengasuh dalam Menanamkan Etika Peserta Didik Terhadap Ilmu Melalui Kajian Kitab Tanbihul Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi Pondok Pesantren Raudlatut Tholabah Umbulsari Jember. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Sesuai dengan hasil analisis, maka upaya pengasuh dalam menanamkan etika peserta didik melalui kajian kitab tanbihul mutaallim terhadap guru adalah (1) yaitu: Melalui pengajaran langsung selama kegiatan belajar mengajar. Pembiasaan memberi salam dan menaati perintah guru. Pembiasaan meminta izin kepada guru jika tidak mengikuti pembelajaran. (2) upaya pengasuh dalam menanamkan etika peserta didik melalui kajian kitab tanbihul mutaallim terhadap ilmu yaitu: Melalui kegiatan pembiasaan yaitu santri menghafalkan materi dan mencatatnya. Melalui kegiatan pembiasaan yaitu mendiskusikan kembali materi yang telah diterima. Melakukan kegiatanpembiasaan yaitu menghafalkan dan mempelajari materi pembelajaran secara perlahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikvina Maulidia
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:46
Last Modified: 09 Jul 2024 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36143

Actions (login required)

View Item View Item