Fitri Indriani, Titis Wulan (2024) identifikasi Nilai Agama dan Moral Dalam Membaca Do'a Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok A3 di TK Plus AL-Ishlah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
This is the latest version of this item.
Text (SK-030-PIAUD-2024)
SKRIPSI TITIS REVISI FIKS.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Membaca do’a melalui metode bernyanyi merupakan salah satu cara
dalam mengembangkan nilai agama dan moral. Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah
Jember menggunakan metode bernyanyi dalam membaca do’a karena metode
tersebut tergolong metode yang memudahkan dan memahamkan materi kepada
peserta didik yang disampaikan oleh pendidik. Tidak hanya itu, akan tetapi
metode tersebut asyik Dan menyenangkan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana hasil identifikasi nilai agama dalam
membaca do’a melalui metode bernyanyi pada kelompok A3 di TK Plus AlIshlah Jenggawah Jember? 2) Bagaimana hasil identifikasi nilai moral dalam
membaca do’a melalui metode bernyanyi pada kelompok A3 di TK Plus AlIshlah Jenggawah Jember?. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan hasil
identifikasi nilai agama dalam membaca do’a melalui metode bernyanyi pada
kelompok A3 di TK Plus Al-Ishlah Jenggawah Jember. 2) Mendeskripsikan hasil
identifikasi nilai moral dalam membaca do’a melalui metode bernyanyi pada
kelompok A3 di TK Plus Al-Ishlah Jenggawah Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian naratif. Penelitian subyek menggunakan teknik purposive. Analisis data
menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi tiga tahapan
yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan
data melalui tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama Hasil identifikasi nilai agama
dalam membaca do’a melalui metode bernyanyi pada kelompok A3 di TK Plus
Al-Ishlah Jenggawah Jember. Mengetahui bahwa pentingnya bersyukur atas
rezeki yang telah diberikan oleh pencipta, keberkahan hidup, Indah Akhlaknya
indah pula wajahnya, keberkahan ilmu yang didapat, menguhubungkan kita
dengan Allah SWT, memohon perlindungan kepada Allah SWT. Kedua, Hasil
identifikasi nilai moral membaca do’a melalui metode bernyanyi pada kelompok
A3 di TK Plus Al-Ishlah Jenggawah Jember. Mengajarkan anak terhadap
pentingnya berterimakasih kepada Allah karena sudah memberikan rezeki,
memanfaatkan kegiatan di pagi hari, berakhlak baik untuk mencerminkan wajah
kita, mengajarkan anak bersikap jujur, menghormati serta menyayangi orang tua,
mengajarkan bersedekah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Titis wulan fitri indriani 202101050038 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:02 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36152 |
Available Versions of this Item
-
identifikasi Nilai Agama dan Moral Dalam Membaca Do'a Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok A3 di TK Plus AL-Ishlah Jenggawah Jember. (deposited UNSPECIFIED)
- identifikasi Nilai Agama dan Moral Dalam Membaca Do'a Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok A3 di TK Plus AL-Ishlah Jenggawah Jember. (deposited 08 Jul 2024 08:02) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |