Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Nurus Salam Wuluhan Berdasarkan Teori Nolting dalam Menyelesaikan Soal Model HOTS ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

Firdausinuzula, Sabila (2024) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Nurus Salam Wuluhan Berdasarkan Teori Nolting dalam Menyelesaikan Soal Model HOTS ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-032-TADRIS-MTK-2024)
Watermark Sabila F.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sabila Firdausinuzula : Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Nurus Salam Wuluhan Berdasarkan Teori Nolting dalam Menyelesaikan Soal Model HOTS Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent.
Kata kunci: analisis kesalahan siswa, teori Nolting, soal HOTS, gaya kognitif, field dependent – field independent
Analisis kesalahan siswa perlu dilakukan oleh guru terutama pada mata pelajaran matematika karena mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Manfaat daripada analisis kesalahan siswa banyak sekali diantaranya dapat mengetahui letak kesalahan siswa sehingga dapat mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa tersebut agar kedepannya minim terjadi kesalahan.
Fokus penelitian ini untuk mengetahui jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa bergaya kognitif field dependent maupun field independent dalam menyelesaikan soal HOTS materi bilangan bulat berdasarkan teori Nolting.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk menentukan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes GEFT, soal HOTS, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent cenderung tidak melakukan kesalahan berdasarkan teori Nolting dalam menyelesaikan soal HOTS materi bilangan bulat, sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung melakukan kesalahan careless errors dalam menyelesaikan soal HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Sabila Firdausinuzula
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:41
Last Modified: 09 Jul 2024 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item View Item