Penerapan Marketing Mix Dalam Upaya Memajukan Usaha Di Apotek Annisa 22 Muneng Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Puspa Utami, Nanda (2024) Penerapan Marketing Mix Dalam Upaya Memajukan Usaha Di Apotek Annisa 22 Muneng Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-127-ES-2024)
NANDA PUSPA UTAMI-WATERMAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nanda Puspa Utami, Dr. Abdul Wadud Nafis, Lc,. M.E.I, 2023 :
Penerapan Marketing Mix Obat Dalam Upaya Memajukan Usaha Di Apotek Annisa 22 Muneng Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan seperangkat alat yang dimanfaatkan perusahaan untuk menciptakan nilai produk maupun jasa yang dipasarkan kepada pelanggan. Market share dilaksanakan dengan mengkombinasikan dan mengelola elemen-elemen penyusun marketing mix. Elemen dari marketing mix yang utama adalah produk, harga, promosi tempat dan dapat digunakan sebagai strategi pengembangan share yaitu strategi promosi, produk, harga, tempat, dan disempurnakan dengan strategi layanan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Penerapan marketing mix apa yang digunakan dalam Apotek? 2) Bagaimana cara meningkatkan strategi market share untuk memajukan usaha di Apotek?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui marketing mix yang digunakan di Apotek dan strategi meningkatkan market share dalam upaya memajukan usaha di Apotek Annisa 22 Muneng Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Fokus masalah tersebut diidentifikasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik purposive dipilih untuk penentuan subjek penelitian dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode analisis data penelitian dan untuk validasi serta keabsahan data memakai triangulasi sumber supaya ditemukan kecocokan antar sumber penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan marketing mix yang digunakan dalam Apotek Annisa 22 Muneng menggunakan 7P; 2) Cara meningkatkan strategi market share yaitu inovasi produk, melebarkan pasar ke daerah baru, masuk pada sistem penjualan baru, dan memberikan layanan terbaik untuk konsumen.
Kata kunci : Marketing Mix, Strategi, Market Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NANDA PUSPA UTAMI
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36171

Actions (login required)

View Item View Item