Implentasi Model Pembelajaran project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X-I di SMA Negeri I Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024

Nurlaili, Hasni (2024) Implentasi Model Pembelajaran project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X-I di SMA Negeri I Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri kiai Haji Achmad siddiq Jember.

[img] Text (SK-127-PAI-2024)
Hasni Nurlaili_T20191071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam menyampaikan project yang mereka buat atau materi kepada peserta didik lainnya.
Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran dalam Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X-1 Di SMA Negeri I Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran  2023/2024? 2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran dalam Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X-1 Di SMA Negeri I Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran  2023/2024? 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran dalam Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X-1 Di SMA Negeri I Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran  2023/2024?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan dalam Model Project Based Learning pada mata pelajaran PAI .2) Untuk mengetahui pelaksanaan dalam Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran PAI. 3) Untuk mengetahui evaluasi dalam Model Project Based Learning pada mata pelajaran PAI .
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Analisis data, yaitu kondensasi data, penyajian data dan, memverifikasi kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMAN 1 Yosowilangun, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Siswa kelas X-1.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan peembelajaran project based learning sejatinya sama saja dengan pembelajaran yang lainnya dan harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Perencanaan model pembalajaran project based leatrning ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni, pemilihan topik, menganalisis capaian pembebelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur pembelajaran dan pertanyaan yang esensial 2) Pelaksanaan model pembelajaran project based learning (PjBL) interaksi pembelajaran anatar peserta didik dan pendidik yang mengasilkan suatu produk maka ada beberapa langkah yang harus dilaksanakan dalam hal ini yakni, menyusun jadwal dan memantau kemajuan proyek 3) Evaluasi pembelajaran project based learning (PjBL) yakni waktu yang lama dan biaya yang banyak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S,Pd hasni Nurlaili
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:01
Last Modified: 09 Jul 2024 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36174

Actions (login required)

View Item View Item