Pesan Dakwah Dalam Film Ada Surga di Rumahmu Karya Aditya Gumay (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Aditya, Mohamad Yusrian (2024) Pesan Dakwah Dalam Film Ada Surga di Rumahmu Karya Aditya Gumay (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi selesai M.Yusrian Aditya - watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mohamad Yusrian Aditya, 2024: “Pesan Dakwah Dalam Film Ada Surga Di Rumahmu Karya Aditya Gumay (Analisis Semiotika Roland Barthes)”. Skripsi Fakultas Dakwah, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Ahidul Asror, M. Ag.

Kata Kunci : Pesan Dakwah, Semiotika, Film Ada Surga di Rumahmu

Dakwah yaitu menyampaikan pesan ajaran yang berisikan nilai-nilai kaidah islam. Perkembangan dakwah saat ini dapat melalui dengan beberapa cara seperti halnya. Melalui media massa salah satunya yaitu film. Film merupakan salah satu media massa untuk menyampaikan sebuah pesan audio visual kepada Masyarakat. Film ada surga di rumahmu merupakan salah satu film yang memiliki pesan dakwah yang cukup menarik. Film ini cukup banyak mendapat prestasi dan banyak mendapatkan banyak penonton.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos dalam film ada surga di rumahmu? (2) bagaimana unsur-unsur dakwah dalam film ada surga di rumahmu?
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang di gunakan untuk menganalisis film ada surga dirumahmu yakni menggunakan analisis Roland Barthes. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau hipetesis. keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan ketajaman analisis data.
Hasil dalam penelitian ini peneliti menemukan kesimpulan Makna denotasi Denotasi Film Ada Surga Di Rumahmu ialah perjalanan seorang rhamadhan dari kecil hingga dewasa yang terpaksa berpisah dengan kedua orang tuanya ketika abuya dan umi mengirimkannya ke sebuah pesantren. Makna Konotasi dari film Ada Surga Di Rumahmu yaitu dari isi film tersebut sebagai tokoh utama Rhamadhan memiliki akhlaq yang baik yang selalu ingat kepada Allah SWT, serta film tersebut ingin membuktikan bahwasannya mencari surga tidak perlu pergi jauh namun surga itu sudah dekat dengan diri kita yaitu dirumah kita sendiri..
Kemudian unsur-unsur dakwah yang terdapat dalam film ada surga di rumahmu karya aditya gumay yaitu : dalam film ini tidak terlepas dengan adanya (1) aktor da’I, (2) Mad’u (penerima dakwah). Pesan dakwah dalam film ada surga dirumahmu yaitu : bahwa subtansi dalam film ada surga di rumahmu karya aditya gumay terdapat pesan dakwah berupa: Pesan dakwah dalam film Ada Surga di Rumahmu berisi tentang aqidah, syari’ah, dan akhlaq yaitu beriman kepada Allah SWT, shalat, jujur, sabar, saling mengingatkan, at-tafa’ul (optimis), musyawarah, ta’awun (tolong menolong), serta tawakal kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190204 Film and Television
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aditya mohamad yusrian aditya
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:36
Last Modified: 09 Jul 2024 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36190

Actions (login required)

View Item View Item