Analisis Strategi Fundraising Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember

Khairiyah, Khofifatul (2024) Analisis Strategi Fundraising Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-MZAWA-2024)
KHOFIFATUL KHAIRIYAH_NIM 204105040007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Khofifatul Khairiyah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si. 2024:
Analisis strategi fundraising Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember

Kata kunci: strategifundraising Lembaga Amil Zakat, Metode Langsung (Direct), Metode Tidak Langsung (Indirect), Promosi

Fundraising lembaga Nurul Hayat Jember menggunakan 2 cara yaitu direct fundraising dan indirect fundraising. Lembaga amil Zakat Nurul Hayat juga mendapat penghargaan LAZ dengan fundraising terbaik dalam kegiatan Indonesia Fundraising Awards 2022.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu ; 1) Bagaimana strategi fundraising LAZ Nurul Hayat Jember? 2) Apa kendala dalam pelaksanaan strategi fundraising di LAZ Nurul Hayat Jember?.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui bagaimana strategi fundraising LAZ Nurul Hayat Jember, 2) Untuk mengetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan strategi fundraising LAZ Nurul Hayat Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif.Informasi yang diperoleh dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Untuk menguji keabsahan informasi yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwasannya: 1) Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember menerapkan dua metode strategi yaitu menggunakan metode langsung yang melibatkan donatur dengan cara mengirim email, sms, atau chat WA dan metode tidak langsung artinya tidak melibatkan donatur dengan cara menghadiri event-event besar, presentasi dan penyebaran brosur untuk meningkatkan dana zakat di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember. 2) Kendala dalam pelaksaan stretegi fundraising yang dilakukan di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember dalam menyambung silaturahmi dengan donatur yang berada di luar kota tidak dapat datang secara langsung di karenakan jarak yang cukup jauh, juga berterkait kesadaran calon donatur tentang zakat, setiap donatur berbeda-beda terkadang setelah melakukan promosi secara langsung langsung closing kadang tidak. Selanjutnya fundraiser mengechat calon donatur yang didapat dari sosial media dan customer aqiqah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms. Khofifatul Khairiyah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:17
Last Modified: 09 Jul 2024 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36213

Actions (login required)

View Item View Item