Strategi prosa FM dalam mempertahankan program morning request (studi kasus program morning requst prosa FM kraksaan probolinggo)

Barizi, Salman (2024) Strategi prosa FM dalam mempertahankan program morning request (studi kasus program morning requst prosa FM kraksaan probolinggo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SALMAN BARIZI_D20191090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Eksistensi, Morning request

Radio merupakan media massa yang memiliki kekuatan pada suara atau bersifat auditif, hal ini membuatnya bisa mengajak pendengar untuk berimajinasi mengenai materi yang disampaikan oleh penyiar. Radio, sebagai salah satu media komunikasi tertua, memiliki tempat khusus dalam kehidupan masyarakat. Namun, dengan seiring perkembangan zaman dan teknologi digital mulai memunculkan platform media konvergensi, terutama internet, radio dihadapkan pada persaingan sengit untuk mempertahankan pendengar dan pembiayaan yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi radio Prosa FM dalam mempertahankan eksistensi program Morning request yang telah ada selama 20 tahun.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi radio Prosa FM dalam mempertahankan eksistensi program Morning request? 2) Bagaimana strategi radio Prosa FM dalam meningkatkan jumlah pendengar program Morning request?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena peneliti menjelaskan fenomena yang terjadi dilapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari lapangan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh dari lapangan.
Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) Dalam mempertahankan eksistensi Program Morning request pihak Prosa FM melakukan strategy of content yaitu memperbarui format konten yang update dan relevan kepada pendengar untuk mempertahankan eksistensinya, selain itu taktik yang digunakan Prosa FM juga memberikan ruang partisipasi kepada audien untuk ikut terlibat dalam program acara morning request dengan tujuan melihat loyalitas dari pendengar. 2) Dalam upaya peningkatan jumlah pendengar pihak prosa FM melakukan segmentasi geografis yang terbagi menjadi wilayah lokal dan luar, segmentasi psikografis, targeting dan positioning kepada para pendengarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Slman Barizi
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:15
Last Modified: 09 Jul 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36229

Actions (login required)

View Item View Item