MAKNA ṬAYRAN ABĀBĪL DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penafsiran Q.S. al-Fīl Antara Perspektif Ibnu Kathir dalam Kitab Tafsir al-Qur’ān al-‘Aẓīm dan Muhammad ‘Abduh dalam Kitab Tafsir al-Manār)

Amin, Muhammad (2024) MAKNA ṬAYRAN ABĀBĪL DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penafsiran Q.S. al-Fīl Antara Perspektif Ibnu Kathir dalam Kitab Tafsir al-Qur’ān al-‘Aẓīm dan Muhammad ‘Abduh dalam Kitab Tafsir al-Manār). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Ulama ahli tafsir memiliki keberagaman pandangan dan perspektif mengenai ayat kisah T{ayran aba<bi<l yang termaktub dalam Q.S Al-Fi<l ini. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk menggunakan Kitab Tafsir al-Qur’a<n al-‘Az{i<m yang lebih masyhur dengan sebutan Kitab Tafsir Ibnu Kathir karya Imad Ad-Din Abu al-Fida Ismail Ibn Amar Ibn Kathir Ibn Zara’ al-Bushra al-Dimasiqy atau yang populer dengan sebutan Ibnu Kathir, Serta penelitian ini menggunakan Kitab Tafsir al-Qur’a<n Al-Haki<m atau yang lebih popular dengan sebutan Kitab Tafsir al-Mana<r karya Muhammad Ibn Abduh Ibn Hasan Khairullah yang popular kita kenal dengan sebutan Muhammad ‘Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha.
Skripsi ini memiliki beberapa fokus penelitian, yakni: 1. Bagaimana penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Ibnu Kathir dalam kitab tafsir al-Qur’a<n al-Az{i<m? 2. Bagaimana penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Muhammad ‘Abduh dalam kitab tafsir al-Mana<r? 3. Bagaimana analisis perbandingan antara penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Ibnu Kathir dan Muhammad ‘Abduh? Tujuan penelitian ini 1. Mendeskripsikan penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Ibnu Kathir dalam kitab tafsir al-Qur’a<n al-Az{i<m. 2. Mendeskripsikan penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Muhammad ‘Abduh dalam kitab tafsir al-Mana<r. 3. Mendeskripsikan analisis perbandingan antara penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Ibnu Kathir dan Muhammad ‘Abduh.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan metode analisis. Secara deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini berusaha untuk menyelidiki Makna T{ayran aba<bi<l Dalam Al-Qur’an Antara Perspektif Ibnu Kathir dan Muhammad ‘Abduh. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Muhammad ‘Abduh memiliki pemahaman yang berbeda dengan Ibnu Kathir.
Simpulan analisis perbandingan antara penafsiran kisah T{ayran aba<bi<l dalam al-Qur’an perspektif Ibnu Kathir dan Muhammad ‘Abduh yaitu menurut Ibnu Kathir dalam penafsirannya beliau memaparkan riwayat-riwayat serta cerita israiliyyat yang beragam, Ibnu Kathir memaknai T{ayr di sini dengan makna‘urf, yakni makna yang telah menjadi kebiasaan di masyarakat, yaitu mengartikan bahwasanya burung itu yang mempunyai paruh dan dua telapak kaki atau t{ayr sesuai dengan makna asalnya, membawa batu dari neraka dan hal tersebutlah yang menghancurkan al-asha<b al-fi<l. Sedangkan Muhammad ‘Abduh dalam penafsirannya juga memaparkan riwayat dengan mengedepankan penalarannya. T{ayr merupakan hewan dari jenis nyamuk/lalat yang membawa wabah berupa virus yang menghancurkan al-asha<b al-fi<l.
Kata Kunci : T{ayr, Komparatif, Penafsiran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Amin Ali Achmad
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:40
Last Modified: 09 Jul 2024 08:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36277

Actions (login required)

View Item View Item