Gambaran Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Periode 2021-2022

Firdaus, Burhan adi (2024) Gambaran Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Periode 2021-2022. Undergraduate thesis, Uin khas jember.

[img] Text
BURHAN ADI_d20185078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Burhan Adi Firdaus, 2023: Gambaran Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Periode 2021-2022.
Kata Kunci : Gambaran Kecemasan, Mahasiswa Skripsi, RM Fakultas Dakwah

Mahasiswa adalah orang yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi,selain pendidikan dan pengajaran, Perguruan Tinggi memiliki tugas penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dari identitas tersebut, secara tersirat dapat dinjelaskan bahwa mahasiswa mempunyai tangung jawab secara intelektual, sosial, dan moral kepada masyarakat. Termasuk dalam penyelesaian tugas akhir dalam berbentuk skripsi yang menajdi kewajiban bagi mahasiswa telah memuat Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Fokus masalah dalam penelitian ini ialah : Pertama, bagaimana gambaran kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Periode 2021- 2022. Kedua, bagaimana upaya mahasiswa dalam mengatasi kecemasan dalam penyusunan skripsi di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Periode 2021-2022
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Periode 2021-2022) Untuk mengetahui cara mahasiswa mengatasi kecemasan dalam penyusunan skripsi di Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Periode 2021-2022
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian akan ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu suatu teknik yang digunakan dengan mengedepankan relevansi subjek atau informan berkaitan dengan topik yang diangkat dalam penelitian Adapun lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti ialah pada mahasiswa Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Khas Jember. Ada pun subjek pada penelitian ini ialah mahasiswa organisasi Fakultas Dakwah tahun akademik 2018 yang dapat memberikan kontribusi informasi yang relevan dengan penelitian. Sebanyak 4 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, wawancara semistruktur dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh penulis, bahwa gambaran kecemasan yang dialami Republik Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Khas Jember Periode 2021-2022 dapat dilihat dari aspek kepribadian mahsiswa itu sendiri, diataranya yaitu: 1. Kecemasan fisik dan fikiran 2. Faktor emosi terpendan. Diantara dua aspek diatas ciri-ciri yang dapat dirasakan dan dilihat adalah : beberapa mahasiswa mengalami rasa gelisah, gugup tangan berkeringat, jantung berdebar, suara gemetar dan anggota tubuh yang spontan merasa dingin, perilaku menghindar, perilaku melekat dan dependen, dan perilaku terguncang. Mereka merasa khawatir takut tidak tepat waktu dalam menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Burhan Adi Firdaus 18
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:28
Last Modified: 09 Jul 2024 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36278

Actions (login required)

View Item View Item