Upaya Diah Cookies Dalam Bertahan Di Masa Pandemi Covid - 19

Vida Lyana, Nur Atikhah (2024) Upaya Diah Cookies Dalam Bertahan Di Masa Pandemi Covid - 19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-127-ES-2024)
2. skripsi_vida_lengkap_watermax[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Nur Atikhah Vida Lyana,Dr. RETNA ANGGITANINGSIH, S.E., M.M.CRMP., 2024 :Upaya Diah CookiesDalamBertahan Di Masa Pandemi Covid–
19.

PandemiCovid-19merupakanperistiwa penyebaran wabah penyakit corona virus pada tahun 2019, virus tersebut menyebar diseluruh dunia dan salah satunya yaitu Indonesia.Pemerintah sendiri sudah mengupayakan pencegahan penyebaran virus corona tersebut dengan cara memberlakukanPembatasanSosial Berskala Besar (PSBB) dan dilanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),Pandemi covid-19 ini memberikan dampak yg luas pada seluruh sektor termasuk pasarkegiatan perekonomian dan salah satunyapara pelaku usaha kuliner sehinggapara pelaku usaha kulinerberupayamengembangkan strategipromosi mereka untuk memenangkan pasarseperti DiahCookies.Diah Arfianti adalah owner dari DiahCookiesyg bertempat di Kampung Ketandan Baru Gang 2 Kelurahan Genteng Kota Surabaya, yang berupaya untuk mengembangkan usahanyadengan memperluar pemasaran,membuat branding, promosi hingga meningkatkan kualitas produk.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu : 1).Bagaimanaupaya DiahCookiesdalam menghadapidampak pandemiCovid-19?, 2).Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan DiahCookiesdalam bertahan di masa pandemi Covid-19?
Tujuanpenelitian ini adalah : 1).Untuk mengetahuiupaya DiahCookies dalam menghadapi dampak pandemiCovid-19, 2).Untuk mengetahuistrategi pemasaran yang dilakukan DiahCookiesdalam bertahan di masa pandemiCovid-19 .Pendekatan dalam penelitian iniadalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subyek penelitian dengan menggunakanpurposivedan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan tujuan untuk menguji keabsahan data dan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1).Tidakada dampaksecara signifikan dari pandemi covid-19terhadap DiahCookieskarena mereka berhasilmengupayakanpenyesuaian atau adaptasi produk dengan cepat dan juga dalam strategi pemasaran agar tetap bisa bertahan. Ada beberapa penyesuaian yang dapat dilakukan olehDiahCookiesuntuk dapat terus bertahan termasuk dalam memilih membuka lini produk baru atau memperbarui sistem dan strategi pemasaran mereka, karena dalam menjalankan bisnis mengharuskan pelakunya untuk terus responsif terhadap perubahan lingkungan mereka agar bisa terus bertahan.2).Strategi Pemasaran di Masa Pandemi merujuk pada konsep pemasaran yang memenuhikebutuhan dan keinginan konsumen dengan menghadirkan produk yang dapat memberikan tingkat kepuasan terhadap nilai produk yang dihasilkan dengan biaya yang dikeluarkan, penting untuk diperhatikan.Strategi pemasaran yang dilakukan oleh DiahCookiesyaitu denganmempromosikan dan memasarkan sebuah produk yang dijualmelaluiE-Commercedan DigitalMarketing.

Kata Kunci :Covid-19,Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nur Atikhah Vida Lyana
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:49
Last Modified: 27 Aug 2024 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36287

Actions (login required)

View Item View Item