Efektivitas Pengelolaan Keuangan Menggunakan Cash Management System (CMS) Di KPU Kabupaten Jember

Safadila, Putri (2024) Efektivitas Pengelolaan Keuangan Menggunakan Cash Management System (CMS) Di KPU Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI SAFADILA_205105030020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Cash Management System (CMS) adalah salah satu jenis layanan pengelolaan keuangan yang diperuntukkan nasabah non-perorangan (perusahaan/lembaga) dimana segala pembayaran nantinya bisa langsung dibayarkan secara nontunai melalui aplikasi. Dan disini melihat dari efektivitas penggunan yaitu KPU Kabupaten Jember yang merupakan instansi memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola dana publik.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja kendala yang dialami ketika diberlakukan Cash Management System (CMS) dalam pengelolahan keuangan? 2) Efektif manakah pengelolangelolaan keuangan dengan menggunakan Cash Management System (CMS) dibandingkan dengan konvesional?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana sistem kendala apa saja penggunaan Cash Management System (CMS) dalam pengelolaan keuangan KPU Kabupaten Jember; 2) Untuk mengetahui efektivitas Cash Management System (CMS) di bandingkan dengan Konvesional.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di BMT UGT Nusantara Capem Puger. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dan keabsahan data diperkuat dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Kendala Cash Management System (CMS) tidak menyediakan opsi pembatalan untuk nominal yang akan dikirimkan, risiko kesalahan dapat menyebabkan pengiriman dana yang tidak tepat tanpa toleransi atau kemampuan untuk membatalkannya; 2) Cash Management System (CMS) meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan di KPU Kabupaten Jember, membuat proses transaksi lebih efisien dan teratur.

Kata kunci: Efektivitas, Cash Management System (CMS), KPU Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Putri Safadila
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:52
Last Modified: 10 Jul 2024 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36294

Actions (login required)

View Item View Item