Peran Kepala Raudhatul Athfal Sebagi Manajer dalam Penerapan Program Multiple Intelligence di Raudhatul Athfal Mangli Jember

Bunda, Perpustakaan (2024) Peran Kepala Raudhatul Athfal Sebagi Manajer dalam Penerapan Program Multiple Intelligence di Raudhatul Athfal Mangli Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
AINUL MAGHFIROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Ainul Maghfiroh, Peran Kepala Raudhatul Athfal Sebagai Manajer dalam Penerapan Program Multiple Intelligence di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah dan Program Multiple Intelligence
Kepala madrasah sangat berperan penting dalam pelaksanaan program yang ada dilembaganya, terutama pada perkembangan potensi anak yang kerap menjadi perbedaan pemahaman antara kepala, guru dan orang tua tentang potensi anak yang sesuai dengan kemampuan kecerdasan masing-masing. Maka perlunya peran kepala Raudlatul Atfal sebagai manajer untuk mengadakan program multiple intelligences guna menyetarakan kepahaman antar guru dan orang tua perihal kecerdasan anak yang sesuai.
Fokus dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peran kepala raudhatul athfal sebagai manajer dalam merencanakan program multiple intelegances di RA Ulul Albab Mangli Jember? (2) Bagaimana peran kepala raudhatul athfal sebagai manajer dalam melaksanakan program multiple intelegances di RA Ulul Albab Mangli Jember? (3) Bagaimana peran kepala raudhatul athfal sebagai manajer dalam mengevaluasi program multiple intelegances di RA Ulul Albab Mangli Jember?
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan peran kepala raudhatul athfal sebagai manajer dalam merencanakan program multiple intelegances di RA Ulul Albab Mangli Jember, (2) Mendeskripsikan peran kepala raudhatul athfal sebagai manajer dalam melaksanakan program multiple intelegances di RA Ulul Albab Mangli Jember, (3) Mendeskripsikan peran kepala raudlatul athfal sebagai manajer dalam mengevaluasi program multiple intelegances di RA Ulul Albab Mangli Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut itulah, ditarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, member check.
Kesimpulan dari penelitian ini: (1) Peran Kepala RA menyusun perencanaan program multiple intelligence: (a) menyusun langkah langkah program melalui buku pedoman multiple intelligence, (b) melibatkan pendidik dan tenaga pendidik dalam kegiatan rapat kerja sebelum tahun ajaran baru. 2) Peran Kepala RA melaksanakan program multiple intelligence: memfasilitasi semua kebutuhan pelaksanaan program multiple intelligence melalui pengadaan kegiatan pendukung dan deteksi kecerdasan sejak dini melaluai aplikasi E-mint Research, 3) Peran Kepala Raudhatul Athfal Sebagai Manager mengevaluasi program multiple intelligence: a) mengadakan penilaian kinerja guru terkait program multiple intelligence dengan berkunjung perkelas, b) berpartisi aktif mengevaluasi program multiple intelligence dengan memperhatikan perkembangan anak melalui diskusi guru dan walimurid dalam kegiatan home visit dan pertemuan PSDW (paguyuban siswa dan walimurid) per dua bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Bunda Pepustakaan Ainul Maghfiroh
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:38
Last Modified: 10 Jul 2024 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36309

Actions (login required)

View Item View Item