Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Cyberloafing pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Hasanah, Isroatul (2024) Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Cyberloafing pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Isroatul Hasanah_D20195048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dimana kampus atau universitas mulai memfasilitasi internet gratis (WiFi) di dalam area kampus, untuk menunjang berbagai keperluan mahasiswa dalam proses perkuliahannya. Namun, masih banyak mahasiswa yang menyalahgunakan fasilitas tersebut pada saat proses perkuliahan berlangsung. Terdapat temuan bahwa mahasiswa psikologi sering bermain gadget pada saat berada di dalam kelas atau ketika perkuliahan sedang berlangsung dengan mengakses berbagai media sosial serta melakukan penjelajahan internet di luar kepentingan materi yang diajarkan di dalam kelas. Hal tersebut dapat menjadikan suasana belajar menjadi tidak kondusif dan dapat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar mahasiswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah terdapat hubungan antara stres akademik dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara stres akademik dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 93 mahasiswa dari populasi sebanyak 120 mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan product moment pearson dengan bantuan program SPSS 26 for Windows.
Hasil penelitian ini mendapatkan nilai r sebesar 0,766 serta nilai p sebesar 0,001<0,05. Jika meninjau hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan jika hipotesis yang diajukan oleh peneliti dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu terdapat sebuah hubungan yang siginifikan antara stres akademik dan perilaku cyberloafing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Isroatul Hasanah 10
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:30
Last Modified: 10 Jul 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36310

Actions (login required)

View Item View Item