Green Economy Melalui Pengolahan Limbah Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Di Pesantren Darun Najah Lumajang

Anul, Yaqin (2024) Green Economy Melalui Pengolahan Limbah Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Di Pesantren Darun Najah Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS BAB I-VI YAQIN NEW (Repaired).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (28MB)

Abstract

Ainul Yaqin, NIM: 0839218054, Green Economy Melalui Pengolahan Limbah Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Di Pesantren Darun Najah Lumajang. Pembimbing I: Dr. Abdul Rokhim, M.E.I., Pembimbing II: Dr. Ahmadiono, M.E.I.

Kata Kunci: Green Economy, Peningkatan Ekonomi Pesantren, Pengolahan Limbah.

Pengelolaan limbah melalui model Green Economy menjadi solusi pengelolaan yang baik dan sudah dilakukan banyak orang dengan hasil yang bisa memberikan keuntungan, terutama untuk rencana pelestarian lingkungan. Pesantren tempat berkumpulnya individu, dalam hal ini santri, yang tidak menutup pemungkinan menghasilkan sampah saat memenuhi kebutuhannya sehari-hari.
Studi ini dilakukan pada pesantren Darun Najah Lumajang. Pesantren ini telah memiliki program pengelolaan limbah dan mempergunakannya untuk tujuan yang bernilai ekonomi, bahkan pesantren memiliki produk unggulan berupa hasil olahan yang salah satu factor produksinya berasal dari pengolahan limbah. Oleh karenanya penelitian ini akan berfokus pada proses pengolahan limbah berbasis Green Economy dan potensi proses pengolahan limbah berbasis Green Economy sebagai peningkatan ekonomi di Pesantren Darun Najah Lumajang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan model Green Economy di pesantren sehingga memberikan nilai ekonomi bagi lembaga tersebut serta potensi-potensi yang bisa dikelola.
Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi kasus untuk menggali praktik-praktik pemgelolaan limbah dengan model Green Economy, yang memberikan dampak signifikan dan massif terhadap peningkatan ekonomi pesantren. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Economy di pesantren Darun Najah Lumajang dengan tiga langkah yakni, reduce, reuse dan recycle. Pesantren Darun Najah melakukan kerjasama untuk peningkatan program Green Economy berkelanjutan dalam rangka keberlangsungan usaha pondok pesantren. Potensi pengelolaan limbah di pesantren Darun Najah Lumajang untuk menjadi produk baru sangat besar, karena pesantren memiliki pengetahuan dan profesionalisme.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) yang digunakan oleh Pesantren Darun Najah Lumajang untuk pengelolaan limbah memberikan manfaat besar terhadap peningkatan ekonomi Pesantren, termasuk mendukung produk inovasi yang dimiliki. Selain itu potensi ekonomi pesantren yang meningkat, mulai dari pengolahan limbah organic, pemanfaatan energi terbarukan, pengembangan unit usaha, serta edukasi dan kesadaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Ainul Yaqin
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:40
Last Modified: 10 Jul 2024 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36313

Actions (login required)

View Item View Item