Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman Dalam Walimah Nikah Di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbesari Kabupaten Jember

Ma'ruf, Ma'ruf (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman Dalam Walimah Nikah Di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbesari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-033-HK-2024)
Ma’ruf_S20171029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ma’ruf, 2024: Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman Dalam Walimah Nikah Di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Kata kunci: Walimah,’Urf, Tradisi Khataman.
Walimah Nikah merupakan salah satu aktivitas kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap orang ketika ada yang melangsungkan pernikahan. Di dalamnya ada berbagai macam kebiasaan yang terjadi di lingkungan Masyarakat ketika menyelenggrakan acara walimah nikah, seperti Tradisi Khataman yang di lakukan oleh Masyarakat Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.
Fokus penelitian dalam penelitian ini: 1. Bagaimana Latar Belakang Tradisi Khataman, 2. Apa motivasi masyarakat melaksanakan Tradsisi Khataman, 3. Bagaimana Pelaksanaan Tradisi Khataman, 4. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman dalam Walimah Nikah di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini: 1. Untuk mengetahui Latar Belakang Tradisi Khataman, 2. Motivasi masyrakat melaksanakan Tradisi Khataman, 3. Pelaksanaan Tradisi Khataman, 4. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman dalam Walimah Nikah di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskrptif, untuk mengetahui dan menganalisis latar belakang, motivasi, pelaksanaan Tradisi Khataman dan Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman dalam Walimah Nikah di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Latar Belakang Tradisi Khataman yakni tradisi yang sudah turun temurun dan lakukan sampai sekarang. 2. Motivasi masyarakat di Kelurahan Tegal Gege melaksanakan Tradisi Khataman dalam Walimah Nikah karena tradisi tersebut sudah menjadi kebiasaan Ketika mengadakan walimah nikah, diperintah untuk membuat khataman, serta menjaga atau melestarikan tradisi. 3. Pelaksanaan Tradisi Khataman dalam Walimah Nikah di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember terdapat tiga tahapan, yakni: Tahapan pertama yakni tahap pembuatan, tahap kedua adalah mengeluarkan khataman ketika acara akan segera dimulai, yang dilelakkan di tengah-tengah para tamu undangan, tahap ketiga merupakan membagikan khataman tersebut kepada para tamu undangan ketika acara sudah selesai dan sebelum para tamu undangan pulang. 4. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Khataman adalah boleh dilakukan karena sesuai dengan syarat dan ketentuan Al-‘Urf Shahih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ma'ruf SH
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:50
Last Modified: 19 Jul 2024 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36320

Actions (login required)

View Item View Item