Potret Perilaku Pacaran Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren di Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Studi Kasus pada Lima Mahasiswa Yang Sedang Berpacaran)

Silvyana putri, Devy (2024) Potret Perilaku Pacaran Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren di Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Studi Kasus pada Lima Mahasiswa Yang Sedang Berpacaran). Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEVY SILVYANA PUTRI_D20195067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pacaran menurut KBBI berasal dari pacar yang berarti teman laki-laki atau perempuan yang tetap dan mempunyai hubungan cinta kasih, berpacaran adalah bercinta dan berkasih-kasih. Berdasarkan studi kasus dan fenomena maraknya pacaran dan apa yang terjadi saat berpacaran, peneliti tertarik untuk mengetahui potret perilaku pacaran pada mahasiswa, terkhusus pada mahasiswa alumni pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Fokus penelitian ini ada tiga yaitu : 1. Bagaimana potret perilaku pacaran lima mahasiswa alumni pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang berpacaran? 2. Bagiamana persepsi Pacaran Menurut lima Mahasiswa Alumni Pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3. Bagaimana cara lima mahasiswa alumni pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember tetap menjaga hubungan pacaran agar tetap sehat?
Tujuan penelitian yaitu : 1. Mengetahui potret perilaku pacaran lima mahasiswa alumni pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2. Mengetahui persepsi Pacaran Menurut Mahasiswa Alumni Pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3. Mengetahui cara mahasiswa alumni pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember tetap menjaga hubungan pacaran agar tetap sehat?
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisa yang diperoleh dari hasil wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa alumni pondok pesantren UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember sebanyak lima mahasiswa.
Penelitian ini memperoleh hasil penelitian meliputi: 1. Berdasarkan hasil penelitian kepada lima mahasiswa alumni pondok pesantren di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam potret perilaku pacaran mahasiswa ada yang pernah membentak pacar, dihibur saat sedih, senang diajak kencan pada malam hari, bebas melakukan aktivitas pribadi, diperbolehkan berhubungan dengan teman dan keluarga, berciuman, mencium leher, dan mencium leher hingga meninggalkan bekas merah saat berpacaran. 2. persepsi pacaran menurut mahasiswa alumni pondok pesantren UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang pertama, pacaran adalah hubungan antara laki-laki dan perempuan berdasarkan ketertarikan emosional. Kedua, hubungan laki-laki dan perempuan sebagai support system atau teman curhat, dan ketiga, pacaran merupakan proses pengenalan antara laki-laki dan perempuan untuk menuju pernikahan. 3. Cara mahasiswa alumni pondok pesantren UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menjaga hubungan pacaran agar tetap sehat yang yaitu dengan cara menerapkan batasan-batasan dan saling mengingatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ms Devy Devy silvyana putri
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:13
Last Modified: 10 Jul 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36340

Actions (login required)

View Item View Item