Analisis Strategi Bauran Pemasaran Islam Pada Toko Basmalah Kabupaten Lumajang

Rohman, Diah Kartika (2024) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Islam Pada Toko Basmalah Kabupaten Lumajang. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
DIAH KARTIKA ROHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Rohman, Diah Kartika, 2024. (Analisis Strategi Bauran Pemasaran Islam Pada Toko Basmalah Kabupaten Lumajang). Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Misbahul Munir, M.M. Pembimbing II : Dr. Ahmadiono, M.E.I.

Kata Kunci : Strategi, Bauran Pemasaran Islam, Toko Basmalah.
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan -keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran alokasi pemasaran dalam hubungan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran harus berorientasi pada konsumen. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam menghadapi persaingan bisnis. Karena setiap konsumen akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan atau mengkonsumsi produk yang ada. Dalam strategi pemasaran Islam terdapat adanya bauran pemasaran yang terdiri dari customer value, cost, convenience dan communication.
Rumusan masalah : 1. Bagaimana strategi customer value pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang? 2. Bagaimana strategi cost pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang? 3. Bagaimana strategi convenience pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang? 4. Bagaimana strategi communication pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian : 1. Untuk menganalisis dan mendiskripsikan strategi customer value pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. 2. Untuk menganalisis dan mendiskripsikan strategi cost pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. 3. Untuk menganalisis dan mendiskripsikan strategi convenience pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. 4. Untuk menganalisis dan mendiskripsikan strategi communication pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh secara langsung, sedangkan untuk pengumpulan data dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Langkah selanjutnya ialah analisis data.
Hasil penelitian ini adalah : 1. Strategi customer value pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. a. Produk harus mutlak halal. b. Produk harus mengandung kemaslahatan. 2. Strategi cost pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. a. Pengambilan keuntungan wajar dan larangan melakukan ghabn. b. Larangan persaingan harga antara sesama penjual. 3. Strategi convenience pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. a. Pemilihan lokasi usaha strategis. b. Larangan ihtikar (penipuan). 4. Strategi communication pada toko Basmalah Kabupaten Lumajang. a. Mengedepankan prinsip akhlak. b. Larangan melakukan tadlis (penipuan).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Diah Diah Kartika Rohman
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:51
Last Modified: 10 Jul 2024 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36352

Actions (login required)

View Item View Item