Implementasi pemahaman hadis karantina di masa pandemi di Pondok Pesantren Darus Sholah Putra dalam menyikapi wabah Covid-19: Studi living hadis

Riski Setiawan, Muhammad Edi (2024) Implementasi pemahaman hadis karantina di masa pandemi di Pondok Pesantren Darus Sholah Putra dalam menyikapi wabah Covid-19: Studi living hadis. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD EDI RISKI SETIAWAN_U20172005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman pengasuh terhadap hadis karantina, kemudian kebijakan apa yang dibuat untuk menerapkan hadis karantina dan apa dampak dari penerapan hadis karantina di pondok pesantren Darus Sholah Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya pengasuh memahami hadis karantina adalah sebagai bentuk pelajaran dari nabi bahwasannya kita hendaknya melakukan usaha-usaha untuk menjaga keselamatan diri dari wabah yang terjadi, jika kita telah melakukan usaha menjaga keselamatan diri maka kemudian kita bertawakal kepada Allah Swt. Beberapa kebijakan yang muncul dari pemahaman hadis tersebut adalah seluruh santri wajib melakukan vaksin sebelum masuk pesantren dan seluruh kegiatan santri harus berjalan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Santri juga di larang keluar pesantren dengan alasan apapun karena untuk menjaga kestrerilan lingkungan pesantren dari orang luar termasuk wali santri, dampaknya para santri merasa jenuh dengan kebijakan yang di terapkan karena di larangnya santri keluar dan bertemu dengan wali santri. Dari sudut pandang wali santri merasa khawatir akan keberadaan anaknya di pesantren karena hanya bisa berhubungan melalui telpon saja. Dari sisi kedisiplinan, santri menjadi lebih disiplin dalam bidang menjaga kesehatan diri dan lingkungan serta lebih peduli terhadap kebersihan diri dan lingkungan.

Kata Kunci: Implementasi, hadis, karantina, covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mr Muhammad Edi Riski Setiawan
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:40
Last Modified: 12 Jul 2024 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36372

Actions (login required)

View Item View Item