Penerapan bimbingan dan konseling islam dengan metode rational emotive behavior therapy (rebt) untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian

Damayanti, Alfina (2024) Penerapan bimbingan dan konseling islam dengan metode rational emotive behavior therapy (rebt) untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfina Damayanti_D20173054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Islam; Kepercayaan Diri; REBT
Bimbingan dan Konseling Islam merupakan suatu proses bantuan kepada individu agar dapat membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapinya melalui kekuatan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT., agar bisa kembali menyadari eksistensinya sebagai makhluk Allah,. Penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan metode REBT merupakan sebuah pemberian bantuan atau terapi untuk mengatasi pemikiran negatif (irasional) individu yang menimbulkan turunnya rasa kepercayaan diri yang dialami oleh korban pasca perceraian.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan menggunakan metode REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian. 2) Apa faktor penghambat dan pendukung proses penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan metode REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian. 3) Efektivitas penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan menggunakan metode REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk memahami bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan menggunakan metode REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian, 2) untuk mengetahui apa faktor penghambat dan faktor pendukung proses penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan metode REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian, 3) untuk mengetahui keefektifan penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan mengunakan metode REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri pasca perceraian.
Metode penelitian dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus retrospektif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan bimbingan dan konseling Islam dengan metode REBT mampu menangani pemikiran yang irasional yang mengakibatkan turunnya rasa percaya diri pasca perceraian dapat meningkat, seperti mampu berinteraksi dan bersosialisasi kembali, berfikiran positif, mampu menerima kritikan dari orang lain dan menerima pujian dengan baik. Selanjutnya faktor penghambat dalam penelitian ini adalah kurang terbuka, masih kurang percaya diri dan masih berfikiran negatif, masih sering malas mengisi kegiatan yang positif dan terkadang malas untuk bersosialisai. Sedangkan faktor pendukungnya adalah suport atau dukungan dari keluarga yang dimana hal tersebut bisa membuat klien lebih semangat dalam melakukan hal yang baik untuk melanjutkan hidup kedepannya. Penggunaan metode REBT pada penelitian ini adalah sangat efektif digunakan, karena metode tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri kepada seseorang pasca perceraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfina Damayanti
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:23
Last Modified: 11 Jul 2024 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36375

Actions (login required)

View Item View Item