Partisipasi Masyarakat Madrasah dalam Inovasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

VIRA ATI KHOTUL, LAILA (2020) Partisipasi Masyarakat Madrasah dalam Inovasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Vira Ati Khotul Laila_T20164028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vira Ati Khotul Laila, 2020: Partisipasi Masyarakat Madrasah dalam Inovasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Inovasi Pembelajaran sering diberikan oleh guru saat mengajar. Tidak hanya guru, namun masyarakat madrasah juga ikut berperan dalam memberikan inovasi pembelajaran. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi terdapat lapisan masyarakat seperti kepala madrasah, guru, komite madrasah dan orangtua siswa yang berpartisipasi dalam memberikan inovasi pembelajaran yang bertujuan pembelajaran agar berjalan secara efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam penelitian ini ada 2 yaitu, 1) Mengapa inovasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 melibatkan partisipasi masyarakat madrasah? 2) Bagaimana partisipasi masyarakat madrasah dalam inovasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan keterlibatan partisipasi masyarakat madrasah dalam inovasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat madrasah dalam inovasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yang digunakan adalah studi kasus. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran PAI, Humas, Orangtua siswa, Komite Madrasah dan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep dari Hubberman dan Milles yaitu Kondensasi, Reduksi Data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Keabsahan menggunakan trangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil dari penelitian Partisipasi Masyarakat Madrasah dalam Inovasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 ini adalah 1) Keterlibatan partisipasi masyarakat dalam inovasi pembelajaran bermanfaat untuk memajukan pembelajaran karena berhubungan dengan hasil belajar siswa agar belajar bisa berjalan secara efektif dan efisien. 2) Bentuk partisipasi masyarakat madrasah dalam inovasi pembelajaran oleh kepala madrasah melalui supervisi, dari guru dengan pembaharuan dari model dan media pembelajaran, dari orangtua sendiri mengadakan kegiatan pembelajaran diluar madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:54
Last Modified: 21 Mar 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item