Peran Agen BRILink dalam Meningkatkan Transaksi Nontunai pada Sektor Mikro di Masa Pandemi ( Studi di Agen BRILink Desa Glagah, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi)

Iftitah, Siti (2024) Peran Agen BRILink dalam Meningkatkan Transaksi Nontunai pada Sektor Mikro di Masa Pandemi ( Studi di Agen BRILink Desa Glagah, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-112-PS-2024)
Skripsi Siti Iftitah. 10 JULI. 24.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tahun 2020 telah ditetapkan sebagai tahun pandemi global oleh WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia). Tantangan yang dihadapi sektor mikro pada saat pandemi melanda Indonesia adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi khususnya dalam hal transaksi keuangan. Alat pembayaran yang dahulu berupa tunai (cash-based) berevolusi ke alat pembayaran non-tunai berbasis kertas (paper-based) dan berbasis kartu (card-based). Bahkan, kala pandemi Covid-19 menyerang, penggunaan alat pembayaran virtual seperti transfer dana elektronik dan virtual account justru semakin meningkat.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran Agen BRILink dalam mendukung usaha mikro di tengah pembatasan sosial akibat pandemi covid-19?. 2. Apa saja kendala yang dihadapi Agen BRILink dalam melayani nasabah di masa pandemi?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan peran Agen BRILink dalam mendukung usaha mikro di tengah pembatasan sosial akibat pandemi covid-19. 2. Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Agen BRILink dalam melayani nasabah di masa pandemi.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pelacakan, klasifikasi, dan verifikasi. Dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. Agen BRILink Unit Glagah mendukung usaha mikro dan inklusi keuangan selama pandemi covid-19 dengan menyediakan layanan transaksi non-tunai. Mereka membantu kelancaran transaksi dan mengurangi penularan virus. Dukungan bank dan adaptasi layanan oleh agen memastikan transaksi perbankan tetap aman dan efisien, menjaga perekonomian tetap berjalan. 2. Selama pandemi covid-19, Agen BRILink menghadapi kendala teknis seperti gangguan jaringan dan kerusakan mesin EDC, serta kendala non-teknis seperti resiko kesehatan, kekurangan modal, dan pelanggan yang berhutang. Meski begitu, Agen BRILink tetap responsif dan menjaga komunikasi baik dengan nasabah. Dukungan bank melalui edukasi dan pemantauan rutin membantu agen beroprasi optimal di masa krisis pandemi covid-19.
Kata kunci : Agen Brilink, Transaksi non-tunai, Transaksi dimasa pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Siti Iftitah
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:02
Last Modified: 11 Jul 2024 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36381

Actions (login required)

View Item View Item