Dari pembelajaran tematik terpadu hingga pembelajaran literasi

Muhith, Abd Dari pembelajaran tematik terpadu hingga pembelajaran literasi. Imtiyaz, Surabaya. ISBN 978-602-7661-92-9

[img]
Preview
Text
Dari pembelajaran tematik terpadu hingga pembelajaran literasi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran atau beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam satu tema tertentu dengan proses pembelajaran yang bermakna, sesuai perkembangan siswa. Sebagai salah satu contoh kelas 1 semester 1 dengan tema Diriku, subtema Aku dan Teman Baru; yang didalamnya mencakup beberapa komponen mata pelajaran seperti halnya Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBDP, PJOK yang digabung dalam satu tema tertentu. Pendekatan tematik terpadu, tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Kegiatan pembelajaran justru memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Kegiatan pembelajaran seperti ini sejalan dengan kecenderungan peserta didik SD/MI yang mempunyai tiga karakteristik utama dalam belajar yaitu: konkrit, integratif, dan hierarkis. Era teknologi dan informasi merupakan persaingan tanpa batas, persaingan tersebut terjadi dalam segala bidang dan berbagai tingkatan sosial. Di era ini manusia membutuhkan ketajaman, ketekunan, kejujuran, tanggung jawab dan keberanian menghadapi risiko dalam berbagai aktivitas dan profesi yang ditekuni. Kesempatan untuk meningkatkan sumber daya selalu senantiasa dapat dilakukan oreh mereka yang tanggap terhadap issu, fenonomena, memiliki kemauan tinggi, tekun dan ingin terus berkembang . Kenyataan output dan outcam pendidikan di Indonesia masih banyak yang belum mencapai kemampuan standar, baik standar keilmuan, sikap maupun ketrampilannya. Realitas tersebut dapat dibuktikan melalui ouput dan outcame dari berbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan di negeri ini. Output dari sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah masih banyak yang belum lancar baca tulis dan dan berhitung, padahal kemampuan baca tulis dan berhitung sudah tuntas dasar-dasarnya setelah ia menempuh kelas I, pada kelas II dan empat peserta didik sudah lancar dan mahir. Yang paling ironis kemampuan akademik masih belum mencapai standar minimal pada lulusan sekolah dasar menengah atas, hal ini bisa dibuktikan pada seluruh output Sekolah Menengah Atas, (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Madrasah Aliyah (MA) . Salah satu indikator penyebab ketidaktuntasan mereka untuk mencapai kompetensi minimal, dapat diasumsikan dari berbagai keterbatasan kompetensi sumber daya manusia, ketersediaan sarana yang dimiliki, krisis keteladanan dan rendahnya penghargaan dari berbagai pihak terhadap profesi, kontribusi dan prestasi. Keterbatasan sumber daya dapat dilihat dari uji kompetensi guru pada masing-masing mata pelajaran yang diampu, indikasi tersebut pernah dibuktikan dari tulisan guru pada pelatihan baca tulis al-Qur’an bagi guru pendidikan agama Islam pada salah satu kabupaten , ternyata masih lebih dari lima puluh persen dari delapan puluh guru yang tulisnanya belum baik dan belum sesuai dengan kaidah penulisan , masih belum diketahui tindak lanjut dari pelatihan tersebut dan kemampuan guru, akan tetapi belum ada keberanian dari dari pihak terkait untuk mengadakan pembinaan kemampuan baca tulis al-Qur’an bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui kompetisi baca tulis al-Qur’an bagi pengawas, kepala sekolah atau madrasah, guru dan tenaga kependidikan, sebagaimana telah dilakukan kompetisi membaca khutbah nikah bagi kepala Kantor Urusan Agama Kabupaten Bondowoso . Rendahnya kompetensi sumber daya tersebut disebabkan belum memiliki kemampuan untuk secara tekun melakukaliterasi baca, tulis, menghintung, budaya, teknologi dan keuangan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik terpadu, pembelajaran literasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 23 Apr 2019 08:12
Last Modified: 23 Apr 2019 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item