Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi

Aqidatul Izzah, Nur (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS AQIDAW WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nur Aqidatul Izzah, 2024: Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Imam Turmudi, S. Pd., M. M. Pembimbing II: Dr. Imron Fauzi, M. Pd. I.
Kata Kunci: Manajeman Sumber Daya Manusia, Profesionalitas Guru.
Penelitian ini mengkaji sumber daya manusia yang mendapatkan peran penting dalam mewujudkan organisasi kompetitif dalam era globalisasi yang sedang dan akan terus berlangsung. Tanpa sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dalam pekerjaan dan tanggung jawabnya, organisasi akan gagal untuk mewujudkan tujuannya.
Fokus Penelitian : Bagaimana perencanaan manajemen sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. Bagaimana pelaksanaan manajemen sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanzawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. Bagaimana evaluasi manajemen sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data model milles dan huberman yang mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus- menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh, yakni menganalisis manajemen sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) perencanaan manajemen sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas guru diawali dengan menyusun perencanaan yang berdasarkan analisis kebutuhan, analisis jabatan, analisis beban kerja, analisis kelebihan dan kekurangannya diakhiri dengan rapat kerja membahas program-program madrasah antar kepala madrasah dengan seluruh SDM MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. (2) pelaksanaan manajemen sumber daya dalam mengembangkan profesionaitas guru diawali dengan rekrutmen dan seleksi guru lalu diberikan pelatihan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bertujuan agar rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat maksimal, tak hanya itu ada beberapa pelatihan lainnya dalam pengembangan SDM seperti seminar, workshop dan diklat. (3) evaluasi manajemen sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas guru dengan dilaksanakannya supervise dan evaluasi akhir tahun menggunakan aplikasi PKG (Penilaian Kinerja Guru).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S. Pd Nur Aqidatul Izzah
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:17
Last Modified: 11 Jul 2024 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36406

Actions (login required)

View Item View Item