Moderasi dan Komunikasi antar tokoh agama dalam menghadapi pemilu 2024 di Kabupaten Jember

Farawansa, Hisien Khofiah (2024) Moderasi dan Komunikasi antar tokoh agama dalam menghadapi pemilu 2024 di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. AHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HISIEN KHOFIAH FARAWANSA_D20191025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tokoh agama adalah orang yang mempunyai kontribusi menjaga kelancaran pelaksanaan pemilu secara damai, yakni sebagai pemersatu umat bukan sebagai pemecah kesatuan antar umat. Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana sikap para tokoh agama terhadap komunikasi dan moderasi dalam menghadapi potensi munculnya konflik dalam menjelang pemilu 2024 di kalangan masyarakat Jember. 2) Bagaimana upaya para tokoh agama dalam menghadapi potensi munculnya konflik pada pemilu 2024. 3) Bagaimana Pola komunikasi antar tokoh agama dalam meredam potensi munculnya konflik menjelang pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yakni berupaya menemukan data secara terperinci dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara tokoh agama, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memunculkan suatu kesimpulan bahwa tokoh agama harus bersikap netral yakni dengan bersikap moderat karena dengan menerapkan sikap yang moderat maka tokoh agama bisa menjadi penengah tatkala umatnya mengalami konflik, dengan memberikan pencerahan, tausiyah, dan memberikan himbauan sebagai upaya agar pemilu tetap berjalan dengan damai, dengan pola komunikasi yang dilakukan secara verbal atau kata-kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Moderasi, Komunikasi, Tokoh Agama, Pemilihan umum
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hisien Khofiah Farawansa
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:09
Last Modified: 11 Jul 2024 06:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36424

Actions (login required)

View Item View Item