Fenomena Kehidupan Pengimis Dalam Pemenuhan Kebutuhan di Kabupaten Jember

Himmah, Faizah Faiqotul (2024) Fenomena Kehidupan Pengimis Dalam Pemenuhan Kebutuhan di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Faizah Faiqotul Himmah_204105020130.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia yang dikategorikan sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki masalah kesejahteraan sosial. Salah satu permasalah kesejahteraan sosial yang masih belum tuntas dan menimbulkan dampak negatif adalah masalah pengemis dan tunawisma. Mengingat permasalahan tunawisma dan pengemis yang cukup kompleks, maka permasalahan ini diperlukan peran dari berbagai pihak termasuk pihak swasta dan masyarakat. Jember menduduki angka tertinggi pada masalah PMKS. Pada umumnya pengemis di Kota Jember tidak memiliki pekerjaan atau pekerjaan tambahan selain mengemis sehingga tidak mampu meningkatkan perekonomiannya menjadi lebih baik. faktor yang paling mendasar dalam keputusan seseorang untuk mengemis atau tidak adalah nilai-nilai bagaimana ia menjalani kehidupannya. Hal ini disebabkan individu melakukan tindakan tersebut berdasarkan rasionalitasnya sendiri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana strategi pengelolaan kebutuhan pengemis di Kabupaten Jember? 2)Apa saja faktor faktor penyebab menjadi pengemis di Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan strategi pengelolaan kebutuhan pengemis di Kabupaten Jember. 2). Untuk mengetahui faktor-faktor faktor penyebab menjadi pengemis di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian di Kabupaten Jember yaitu di Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang . Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik snowball, yaitu teknik pengambilan sempel sumber data yang pada awalnya sedikit, lama-lama menjadi besar. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kebutuhan manusia bermacam-macam. Para pengemis disini memenuhi kebutuhannya dengan cara meminta belas kasihan dari orang lain. Mereka hanya dapat memenhi kebutuhannya pada tingkatan pertama dan ketiga yakni kebutuhan tingkat pertama fisiologi yakni makan dan minum. Tingkat ketiga, kebutuhan rasa memiliki dan sosial yakni dapat bantuan dari oranng dan memiliki rasa empati kepada orang lain. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan seiseiorang meilakuikan meingeimis di Kabuipatein Jeimbeir ialah dikareinakan faktor individui dan keiluiarga, Faktor lingkuingan, Faktor peindidikan akan teitapi faktor uitama dari meireika meilakuikan meingeimis dikareikan sikap meintal meireika yang beir mindseit yang mana deingan hanya dirinya meingadahkan tangan dan tanpa adanya uisaha meireika bisa meindapakan peindapatan (uiang).

Kata kunci: Kebutuhan, PMKS, Pengemis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email faizahfaiqotul14@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:14
Last Modified: 12 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36428

Actions (login required)

View Item View Item