Peran Parenting Style Dalam Membentuk Kemandirian Anak Kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri Kabupaten Nganjuk

Miskyah H, Zhakyatul (2024) Peran Parenting Style Dalam Membentuk Kemandirian Anak Kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN KH AHMAD ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-022-PIAUD-2024)
Zhakyatul Miskyah H- watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Zhakyatul Miskyah H, 2024 : Peran Parenting Style Dalam Membentuk Kemandirian Anak Kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri Kabupaten Nganjuk

Kata Kunci : Parenting Style, Kemandirian Anak

Parenting style merupakan rangkaian sikap dan perlakuan yang diterapkan orang tua terhadap anak mereka, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku anak dalam berbagai aspek, termasuk emosional, sosial, dan intelektual. Terdapat beberapa macam parenting style yaitu: demokratis (authoritative), permisif, situasional, overprotective, dan otoriter (authoritarian). Kemandirian anak merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang mempengaruhi kemampuan anak untuk melakukan tugas sehari-hari tanpa bantuan orang lain.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana parenting style yang diterapkan oleh wali peserta didik kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri? 2) Bagaimana kemandirian peserta didik kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan parenting style yang diterapkan oleh wali peserta didik kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri. 2) Untuk mendeskripsikan kemandirian anak kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi kasus di RA Nurul Huda Bangsri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan : kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah: Triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Parenting style yang Diterapkan oleh Wali Peserta Didik Kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri menerapkan berbagai parenting style. Mayoritas orang tua menggunakan gaya parenting authoritative, yang menyeimbangkan panduan dan dukungan emosional. Sebagian orang tua menggabungkan gaya authoritative dan authoritarian, memberikan panduan yang jelas serta kedisiplinan yang tegas. Ada juga yang menerapkan gaya authoritarian. 2) Kemandirian Peserta Didik Kelompok B di RA Nurul Huda Bangsri. Anak-anak dengan gaya pengasuhan otoritatif (authoritative) menunjukkan kemandirian tinggi dalam membuat keputusan sehari-hari, menyelesaikan tugas-tugas sederhana, serta mengungkapkan perasaan dan mencari bantuan saat diperlukan, menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dan tanggung jawab. Anak-anak dengan gaya pengasuhan otoritatif dan otoriter (authoritarian) juga menunjukkan kemandirian dalam memilih teman bermain dan memahami konsekuensi tindakan mereka. Mereka mampu menyelesaikan tugas harian, menyatakan pendapat, dan mencari bantuan saat diperlukan. Pendekatan tegas namun suportif ini membantu mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri yang positif pada anak-anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zhakyatul Miskyah H
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:30
Last Modified: 15 Jul 2024 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36432

Actions (login required)

View Item View Item