Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Layanan Unggulan di Kantor Bersama Samsat Jember

Lestari, Okta Ayu (2024) Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Layanan Unggulan di Kantor Bersama Samsat Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Okta Ayu Lestari_204105020142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penerimaan daerah tercermin pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang salah satunya berasal dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Di Kabupaten Jember Pajak Kendaraan Bermotor memberikan kontribusi yang besar dalam realisasi PAD. Untuk meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor UPT PPD Jember melakukan inovasi dengan melakukan layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementai layanan unggulan Samsat dalam meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraa Bermotor di Kantor Bersama Samsat Jember? 2) Apa saja upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis implementasi layanan unggulan Samsat dalam meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Jember. 2) Untuk menganalisis bagaimana cara agar masyarakat lebih mengetahui akan adanya kemudahan dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan unggulan sehingga dapat meningkatkan penerimaan Kantor Bersama Layanan unggulan yang diterbitkan oleh Kantor Bersama Samsat Jember yaitu Samsat Corner atau Samsat Payment Point, Samsat Samsat Drive-Thru, Samsat Keliling, dan Sajadah Srikandi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Samsat Jember yaitu di beberapa layanan unggulan yang ada di Samsat Jember. Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan secara purposive, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Layanan unggulan yang ada di Kantor Bersama Samsat Jember memberikan kontribusi terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Jember. Samsat Jember telah memberikan pelayanan yang prima dengan adanya petugas yang cermat dan informatif serta memberikan fasilitas-fasilitas untuk kenyamanan wajib pajak. 2) Agar masyarakat lebih mengenal layanan unggulan yang ada di Samsat Jember pihak UPT PPD Jember melakukan beberapa sosialialisasi dan publikasi dengan instagram, media massa seperti radio, dan sosialisasi secara door to door dengan mendatangi instansi-instansi atau lembaga-lembaga serta melakukan sosialisasi dengan menyebarkan brosur.

Kata kunci: Layanana Unggulan, Pajak Kendaraan Bermotor, Penerimaan Pajak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email oktalesta0110@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:03
Last Modified: 12 Jul 2024 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36438

Actions (login required)

View Item View Item