Sistem Pengupahan Buruh Getah Karet di Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember berdasarkan Prinsip Keadilan dan Kelayakan

Husaini, Hilda Aderia (2024) Sistem Pengupahan Buruh Getah Karet di Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember berdasarkan Prinsip Keadilan dan Kelayakan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hilda Aderia Husaini_204105020148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Islam sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam segala aspeknya. Demikian pula dengan sistem pengupahan buruh/pekerja juga harus memperhatikan beberapa prinsip dan nilai guna menjamin keadilan bagi pegawai dan pelaku kerja. Islam memberikan solusi terbaik terhadap masalah upah, dengan menjaga kepentingan kelas pekerja dan majikan tanpa melanggar hak-hak hukum majikan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana sistem penentuan/penetapan upah pada Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember? 2). Apa saja faktor yang menentukan sistem pengupahan buruh getah karet di Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember? 3). Bagaimana sistem pengupahan buruh getah karet di Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember berdasarkan prinsip keadilan dan kelayakan?.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui sistem penentuan/penetapan upah pada Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember. 2). Untuk mengetahui apa saja faktor yang menentukan sistem pengupahan buruh getah karet di Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember. 3). Untuk mengetahui sistem pengupahan buruh getah karet di Kebun Kalimrawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember berdasarkan prinsip keadilan dan kelayakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan purposive yang artinya pengambilan sampel sumber data yang dipertimbangkan dan dipilih, berdasarkan kepentingan penelitian yang ada.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1). Sistem pengupahan di Kebun Kalimrawan Perumda Kahyangan Jember menggunakan sistem upah menurut waktu untuk upah yang dibayarkan kepada buruh lepas harian dan sistem upah menurut hasil untuk upah yang dibayarkan kepada buruh borongan. 2). Faktor yang menentukan sistem pengupahan yaitu peraturan pemerintah yang mengikuti UMK Tahun 2018 namun masih belum 100%, selain itu yaitu harga pasar karena adanya persaingan upah buruh kebun dengan upah buruh tani dan juga kemampuan perusahaan untuk membayar. 3). Pengupahan di Kebun Kalimrawan belum memenuhi prinsip keadilan dan kelayakan. Upah yang dibayarkan sudah adil bermakna transparan, namun belum adil bermakna proporsional dimana upah yang didapatkan tidak sebanding dengan pekerjaan yang dilakukan. Upah yang diberikan juga masih belum layak karena tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kata Kunci: Sistem Pengupahan Buruh, Keadilan, Kelayakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Hilda Aderia Husaini
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:04
Last Modified: 12 Jul 2024 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36439

Actions (login required)

View Item View Item