STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA WISATA PANTAI GRAND WATUDODOL (GWD) DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BANYUWANGI

Putri, Mega Ayu (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA WISATA PANTAI GRAND WATUDODOL (GWD) DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mega Ayu Putri_204105020163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mega Ayu Putri, M. Saiful Anam, 2024: Strategi Pengembangan Usaha Wisata
Pantai Grand Watudodol (GWD) Dalam Meningkatkan Kunjungan
Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi.
Kata kunci: Pariwisata, Strategi Pengembangan, Meningkatkan Kunjungan.
Pariwisata menjadi fokus utama pembangunan di Indonesia, sebagaimana
tergambar dalam intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 tahun 1969,
khususnya pada Bab 2 Pasal 3, Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa
pengembangan pariwisata di Indonesia dianggap sebagai pengembangan industri
pariwisata yang merupakan bagian integral dari Upaya pengembangan
Pembangunan serta kesejahteraan Masyarakat dan negara. Pariwisata menjadi
salah satu potensi ekonomi masyarakat, bertujuan meningkatkan kesejahteraan
dan perkembangan daerah. Berkembangnya industri pariwisata tentu tidak
dipungkiri dapat memberikan dampak positif terrhadap ekonomi namun juga
dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.
Fokus Penelitian ini adalah 1.Bagaimana strategi pengembangan destinasi
wisata pantai Grand watudodol dalam meningkatkan kunjungan wisatawan?
2.Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan destinasi
wisata pantai Grand Watudodol?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1.Mengetahui
strategi pengembangan destinasi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di
wisata pantai Grand Watudodol di Kabupaten Banyuwangi 2.Mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi pengembangan destinasi wisata Grand Watudodol di
Kabupaten Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif pendekatan deskriftif yang bertujuan mendeskripsikan strategi
yang dilakukan oleh pihak pengelolah dalam pengembangan objek wisata Grand
Watudodol. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari Strategi Pengembangan Usaha Wisata Pantai Grand
Watudodol Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten
Banyuwangi yaitu: Analisis strategi pengembangan usaha wisata dalam
meningkatkan kunjungan ialah dengan cara memeberikan sarana prasarana
pengunjung dengan kualitas baik, Strategi pengembangan yang dilakukan oleh
pengelola Grand Watudodol ialah dari segmentasinya dimana pengelola berfokus
kepada masyarakat kalangan menengah ke bawah dengan tidak memberatkan
pengunjung yang akan berwisata serta menjadi prioritas utama adalah
kenyamanan pengunjung yang datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050209 Natural Resource Management
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mega Ayu Putri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:32
Last Modified: 12 Jul 2024 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36450

Actions (login required)

View Item View Item