Analisis Uses and Gartification pada Konten Youtube Mukbang Mara FM

Syafii, Imam (2024) Analisis Uses and Gartification pada Konten Youtube Mukbang Mara FM. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMAM SYAFII_D20171091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (768kB)

Abstract

Imam Syafii, 2024: Analisis Uses and Gratifacation Pada Konten Youtube Mukbang Mara FM

Kata kunci: Uses and Gratification, konten Youtube, Mara FM.

Uses and Gratification yaitu khalayak memilih media berdasarkan tujuan tertentu dan upaya untuk pemenuhan keinginan apabila motif-motif tersebut dapat dipenuhi maka kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi pula, dan media yang dapat memuaskan tuntutan masyarakat dikenal dengan sebutan media yang efektif. Pada akhirnya, media memenuhi kebutuhan khalayak disebut media efektif. Salah satu media yang tidak lepas dalam kehidupan masyarakat, yaitu media sosial. Media sosial saat ini yang banyak ditonton masyarakat baik dewasa maupun anak-anak adalah Youtube. Konten video Youtube yang sangat diminati oleh penonton adalah konten mukbang. Salah satu konten mukbang yang viral tahun 2020 yaitu konten Mara FM yang dimana konten tersebut dari anak jalanan dengan menggunakan media Youtube sebagai media hiburan dengan aksi mukbang mereka yang ekstrem.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Seberapa sering netizen dalam menonton konten Youtube Mukbang Mara FM? 2) Seberapa puas netizen menonton konten Youtube Mukbang Mara FM? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui seringnya netizen dalam menonton konten Youtube Mukbang Mara FM 2) Mengetahui kepuasan netizen menonton konten Youtube Mukbang Mara FM
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dan teknik analisis data. Metode penelitian ini mendeskripsikan kegiatan, situasi dan fenomena dalam bentuk tulisan yang bersifat naratif, atau data yang diambil pada fakta yang dihimpun dalam bentuk kata atau gambar.
Hasil temuan penelitian ini 1) Motif menonton Konten Youtube Mukbang Mara FM 2) Kepuasan yang diperoleh dari menonton Konten Youtube Mukbang Mara FM sekaligus kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) Motif menonton Konten Youtube Mukbang Mara FM untuk hiburan dan relaksasi. Sebagian besar responden mengaku menonton video mukbang karena merasa terhibur dan dapat mengurangi stres. Penonton tidak secara dominan menonton video mukbang untuk mendapatkan informasi atau untuk tujuan sosialisasi, melainkan lebih untuk tujuan pribadi. 2) Kepuasan yang diperoleh dari menonton Konten Youtube Mukbang Mara FM yaitu penonton merasa sangat puas dengan aspek penyampaian konten dan kualitas visual. Konten yang disajikan dengan menarik dan berkualitas, visual yang baik serta interaksi dengan penonton yang baik. Penonton juga mengharapkan lebih banyak konten yang diunggah secara lebih rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Imam syafii Imam
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:12
Last Modified: 11 Jul 2024 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36452

Actions (login required)

View Item View Item